081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Jenis Olahraga yang Bisa Atasi Depresi, Seefektif Terapi

Jenis Olahraga yang Bisa Atasi Depresi, Seefektif Terapi

Haidiva.com- Kabar baik bagi para penderita depresi! Sebuah penelitian terbaru menunjukkan bahwa beberapa jenis olahraga terbukti sama efektifnya dengan terapi dalam mengobati depresi. Studi tersebut dipublikasikan dalam British Medical Journal dan melibatkan analisis data dari lebih 14.000 partisipan.

Penelitian yang dipimpin oleh Dr. Michael Noetel ini menemukan bahwa jalan kaki, jogging, yoga, tai chi, olahraga aerobik, dan latihan kekuatan dapat menjadi pengobatan potensial untuk depresi. Temuan ini didapat berdasarkan evaluasi data dari 218 studi tentang olahraga dan depresi.

Para peneliti mengamati bahwa intensitas aktivitas fisik secara langsung berpengaruh pada tingkat perbaikan gejala depresi. Bahkan, latihan intensitas rendah seperti jalan kaki atau yoga pun memberikan manfaat yang signifikan.

Meskipun obat dan psikoterapi tetap menjadi pilihan utama, Dr. Noetel menekankan bahwa banyak orang yang tidak merespon pengobatan tersebut. “Penelitian kami menunjukkan bahwa olahraga harus dipertimbangkan sebagai bagian penting dari pengobatan depresi, bersama intervensi tradisional,” lanjutnya.

Dikutip dari Cnet.com, inilah olahraga yang bisa mengatasi depresi:

Baca juga: Alasan orang Indonesia malas jalan kaki

Jalan kaki

Libur Panjang, Promo Menarik dari Aplikasi Perjalanan (Future Travel)

Bagi banyak orang, berjalan adalah olahraga kesehatan mental pilihan mereka. Ini adalah salah satu favoritku karena relatif rendah dampaknya, dan kamu bisa melakukannya di mana saja. Berjalan dapat membantu mengurangi stres, meredakan gejala kecemasan, dan mempromosikan pikiran positif. Jika kamu ingin hasil terbaik, berjalanlah di luar dan nikmati hijaunya alam. Jalan-jalan di alam telah terbukti mengurangi kecemasan.

Tidak perlu berjalan jauh. Penelitian menunjukkan bahwa hanya dengan berjalan selama 15 menit dapat mengurangi risiko kamu menjadi depresi sebesar 26%.

Lari

Jika kamu mencari bentuk latihan fisik yang lebih intens untuk kesehatan mental, cobalah berlari. Otak kita dipenuhi dengan endorfin yang meningkatkan mood kita saat kita berlari. Itu yang orang sebut sebagai “kegembiraan pelari.”

Studi telah menemukan bahwa latihan di luar ruangan merupakan alternatif pengobatan yang efektif untuk antidepresan. Berlari secara konsisten juga dapat memudahkan kamu untuk tertidur dan meningkatkan kualitas tidur, yang penting untuk menurunkan gejala kecemasan dan depresi.

Baca juga: Tips olah raga untuk pemula hingga ahli

Angkat beban

(Depositphotos)

Cobalah latihan kekuatan jika kamu ingin mendapatkan manfaat tambahan dari membangun otot sambil menyembuhkan kesehatan mentalmu. Ini dapat mengurangi risiko terkena depresi atau meredakan gejala yang ada. Kamu juga akan mendapatkan kepuasan yang datang dari mencapai tujuan kekuatan.

Latihan kekuatan tidak harus berarti pergi ke gym dan mengangkat beban. Kamu dapat dengan mudah membangun kekuatan di rumah dengan menggunakan beban bebas, pita resistensi, dan berat badanmu sendiri.

Yoga

Yoga tidak hanya membantu tubuhmu bergerak tetapi juga memberikan kesempatan untuk merenung dan meditasi. Itulah mengapa kami pikir itu adalah salah satu latihan terbaik yang bisa kamu lakukan untuk meningkatkan kesehatan mentalmu. Fokus pada pernapasanmu dapat menghilangkan kebiasaan kesehatan mental buruk seperti siklus pemikiran dan berpikir negatif. Pernapasan terkendali mengaktifkan sistem saraf parasimpatikmu, yang menempatkanmu dalam keadaan relaksasi. Ini dilakukan dengan menurunkan denyut jantung dan tekanan darahmu.

Sistem saraf parasimpatik adalah lawan dari sistem saraf simpatis yang mengontrol respons “berjuang atau lari” tubuh. Saat kamu mengalami kecemasan, sistem saraf simpatismu dipicu, bahkan jika tidak ada bahaya yang ada. Yoga dapat membantu melibatkan sistem saraf parasimpatikmu untuk membawamu kembali ke homeostasis. Salah satu bagian terbaik dari yoga adalah variasinya. Kamu bisa memilih jenis yang ingin kamu lakukan, mulai dari yang menenangkan hingga yang lebih menuntut secara fisik.

Baca juga: Cara sehat menurunkan berat badan, 1 kg dalam seminggu

Menari

Menari adalah pilihan latihan lain yang dapat secara signifikan mengurangi kecemasan. Seperti yoga, kamu bisa memilih jenis menari yang akan kamu lakukan. Semua gerakan ada manfaatnya. Jika kamu bukan penari balet, cobalah tango atau gerakan bebas.

Kamu tidak perlu pergi ke studio tari untuk mendapatkan manfaatnya. Kamu bisa melakukan kelas tari virtual di kenyamanan rumahmu. Menari secara bersama-sama atau dengan koreografi mungkin memaksimalkan hasil jika kamu menginginkan interaksi sosial. Kelas seperti Zumba memiliki manfaat sosial yang tidak dimiliki oleh bentuk latihan lainnya. Mereka memungkinkanmu untuk terhubung dengan orang lain dan membentuk persahabatan.

Temuan ini membuka harapan baru bagi para penderita depresi untuk mencari alternatif pengobatan yang efektif dan menyenangkan. Olahraga tidak hanya menyehatkan fisik, tetapi juga dapat menjadi obat mujarab untuk kesehatan mental.

Para peneliti menyarankan untuk berkonsultasi dengan dokter sebelum mengubah program pengobatan depresi. Namun, kebanyakan orang bisa mulai dengan berjalan kaki tanpa hambatan sebagai langkah awal. Jalan kaki saat berangkat kerja atau sepulangnya, bisa menjadi langkah awal olahraga.

Spread the love