081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Cara Sehat Menurunkan Berat Badan 1 Kg dalam Seminggu

Cara Sehat Menurunkan Berat Badan 1 Kg dalam Seminggu

Haidiva.com-Menurunkan berat badan adalah salah satu hal yang paling sulit dilakukan, tetapi juga salah satu hal yang paling penting untuk kesehatan. Kelebihan berat badan dan obesitas dikaitkan dengan berbagai masalah kesehatan, termasuk penyakit jantung, stroke, diabetes, dan kanker.

Menurunkan berat badan 0,5-1 kg dalam satu minggu adalah target yang realistis dan dapat dicapai dengan kombinasi pola makan dan aktivitas fisik yang tepat. Dengan menerapkan pola makan dan aktivitas fisik yang tepat, Anda dapat menurunkan berat badan secara aman dan sehat.

Dikutip dari Antaranews.com, inilah cara mengurangi berat badan 1 kg setiap bulan.

Kurangi porsi makan

Makan Sedikit Tetap Gemuk? Ini Penyebabnya
Makan sedikit tetap gemuk (istimewa)

Pola makan adalah faktor terpenting dalam penurunan berat badan. Untuk menurunkan berat badan, Kamu perlu mengurangi asupan kalori sebanyak 500 kalori per hari. Hal ini dapat dilakukan dengan mengurangi porsi makanan atau memilih makanan yang lebih rendah kalori.

Baca juga: Bahaya kebanyakan gulan bagi kesehatan

Mengurangi porsi makan adalah cara termudah untuk mengurangi asupan kalori. Kamu dapat mengurangi porsi makanan secara bertahap, misalnya dengan mengurangi 10-20% dari porsi. Kamu pilih makanan yang lebih rendah kalori. Ada banyak makanan yang rendah kalori dan bergizi tinggi. Misalnya, buah, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak.

Hindari makanan tinggi gula, lemak, dan garam

Batasi gula dan garam (istimewa)

Makanan ini tinggi kalori dan dapat menyebabkan penambahan berat badan.
Berikut adalah contoh menu makan untuk menurunkan berat badan:

Sarapan:
Oatmeal dengan buah dan kacang-kacangan
Telur rebus dengan roti gandum
Yogurt dengan buah

Makan siang:

Salad dengan protein tanpa lemak, seperti ayam atau ikan
Sup sayuran
Sandwich gandum dengan sayuran dan protein tanpa lemak

Baca juga: Rekomendasi merek camilan rendah kalori

Makan malam:
Daging tanpa lemak, seperti ayam atau ikan, dengan sayuran
Nasi merah atau quinoa dengan sayuran
Sayuran panggang dengan hummus

Camilan:
Buah
Sayuran
Kacang-kacangan
Yogurt

Rajin lakukan aktivitas Fisik

Penyebab Tetap Gemuk Meski Rajin Olahraga (Depositphotos)

Aktivitas fisik adalah faktor penting lainnya dalam penurunan berat badan. Aktivitas fisik membantu membakar kalori dan meningkatkan metabolisme Kamu.

Untuk menurunkan berat badan, Kamu perlu melakukan aktivitas fisik teratur dan terukur sebanyak 3-5 kali per minggu dengan durasi minimal 150 menit per minggu. Contoh aktivitas fisik yang dapat dilakukan antara lain jalan kaki, jogging, berenang, atau bersepeda.

Baca juga: Cara hitung kalori rampingkan tubuh

Rajin jalan kaki

Libur Panjang, Promo Menarik dari Aplikasi Perjalanan (Future Travel)

Mulailah berolahraga perlahan dan tingkatkan secara bertahap. Jika Kamu tidak terbiasa berolahraga, mulailah dengan aktivitas fisik ringan, seperti jalan kaki. Kemudian, tingkatkan intensitas dan durasi aktivitas Anda secara bertahap.

Temukan aktivitas fisik yang Kamu sukai. Jika menikmati aktivitas fisik yang dilakukan, Kamu akan lebih cenderung untuk melakukannya secara teratur. Buat jadwal olahraga. Jadwalkan waktu untuk berolahraga di kalender Kamu dan patuhi jadwal tersebut.

Spread the love