Mengenal Industri Film Hollywood, Bollywood, dan Chungmuro

Mengenal Industri Film Hollywood, Bollywood, dan Chungmuro

Haidiva.com-Tak semua film India adalah Bollywood. Film-filmnya Livi Zheng bukanlah produksi Hollywood meski dibuat di Amerika. Setampan apapun, Lee Min Ho ialah aktor drama Korea, belum bisa disebut sebagai Chungmuro. Hollywood, Bollywood, dan Chungmuro, masing-masing adalah sebutan industri film di Amerika Serikat, India, dan Korea Selatan. Namun tak semua produksi film di negara-negara tersebut bisa disebut sebagai Hollywood, Bollywood, dan Chungmuro.

Dirangkum dari berbagai sumber, Haidiva akan mengenalkanmu tentang ketiga industri film ternama di dunia.

Baca juga: Belajar Risiko Investasi Saham dari Film Hollywood

Hollywood

Dikutip dari VOA, kritikus film sekaligus pendiri Washington DC Area Film Critics Association, Nell Minow mengatakan film Hollywood adalah film yang diproduksi oleh rumah besar seperti 10th Century Fox, MGM, Columbia, Paramount, dan lain sebagainya. Penyebutan film Hollywood juga tergantung pada dana produksi berasal.

“Jika dana berasal dari perusahaan, film itu film Hollywood. Tapi jika kamu menggalang dana hanya untuk menggarap sebuah film, itu adalah film independen,” kata Minow.

Pendapat lain dari produser film dan serial televisi Neal Weisman yang juga ketua jurusan produksi film di New York Film Academy, definisi sineas Hollywood masih rancu. Umumnya, istilah sineas Hollywood ialah mereka yang bekerja untuk studio besar di Amerika.

“Jadi, jika ada sineas yang memproduksi film di Amerika Serikat dan membuat film independen, dan kebetulan mereka tinggal di Los Angeles, saya mungkin tidak akan menyebut film itu film Hollywood,” ujar Weisman.

Baca juga: Aktor Bollywood Blak-Blakan tentang Nepotisme di Industri Film India

Bollywood

Bollywood ialah sebutan industri film India dengan kasta tertinggi. Namun Bollywood bukanlah satu-satunya industri film di India. Di bawahnya, masih ada industri film India lain yang juga laris manis tapi biaya produksi dan capaian penjualanya tak sebesar Bollywood.

Dilansir dari Brain Berries, Bollywood adalah sebutan film India yang diproduksi di Mumbai, dulunya bernama Bombay. Filmnya menggunakan bahasa Hindi. Tidak semua seleb India bisa disebut sebagai artis Bollywood. Bahkan tidak semua seleb bisa masuk ke jajaran artis papan atas bila hasil film mereka tidak maksimal.

Di bawah Bollywood, masih ada industri film lain yang menggunakan bahasa daerah.Industri lain seperti  Punjabi, Bhojpuri, Marathi, Bengali atau Tollywood, Kannada atau Sandalwood, Malayalam, Telugu, dan Tamil. Produksi di industri film India selain Bollywood tak selalu buruk, banyak yang mengangkat tentang kesenjangan sosial atau fenomena sebenarnya di India. Bila beruntung, alur cerita yang menarik di film-film daerah tersebut akan diadaptasi menjadi film Bollywood.

Baca juga: Aktor Chungmuro yang Berhasil Bukukan 100 Juta Penonton

Chungmuro

Chungmuro menjadi daerah tempat lahirnya film-film awal di Korea Selatan. Industri film sudah lahir di Chungmuro sejak awal tahun 1950-an. Meski sekarang produksi film Korea Selatan banyak yang berpindah ke distrik Gangnam, Chungmuro masih melambangkan industri film Korea Selatan. Chungmuro disebut sebagai Hollywood-nya Korea.

Tak semua aktor dan aktris dari Korea Selatan disebut sebagai sinema Chungmuro. Hanya aktor dan aktris yang lebih banyak bermain film dibanding drama korea lah yang disebut dengan Chungmuro. Mereka biasanya turun gunung bermain drakor 3-4 tahun sekali. Karena itulah, mungkin sineas Chungmuro jarang terkenal bila dibandingkan pemain drakor. Sebut saja, Song Hye Kyo sering lebih dikenal dibanding Son Ye Jin yang merupakan seorang aktris Chungmuro, atau Lee Min Ho pasti lebih terkenal dibanding aktor Chungmuro Ryu Jun Yeol.

Aktor atau aktris Chungmuro memang lebih dikenal dengan kualitas akting yang prima dibandingkan wajah rupawan. Namun bukan berarti pemain drama Korea berakting buruk, semuanya punya porsi yang berbeda tetapi sama-sama menjadi ujung tombak diplomasi budaya Korea Selatan di dunia. **

Spread the love