081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Hal yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Jalani LDR

Hal yang Perlu Kamu Tahu Sebelum Jalani LDR

Haidiva.com-Entah karena pekerjaan atau menempuh pendidikan, banyak pasangan yang memutuskan melakukan hubungan jarak jauh atau Long Distance Releationship (LDR). Nyatanya, LDR relatif lebih punya tantangan dibandingkan hubungan satu kota atau yang mudah bertemu. Ada hal-hal yang perlu kita ketahui sebelum memutuskan jalani LDR.

Dikutip dari Cosmopolitan, ini beberapa hal yang perlu kamu tahu sebelum menjalani LDR.

Bersiaplah diabaikan

Ketika pasangan pergi keluar kota yang jauh untuk mengejar cita-citanya, kita harus bersikap realistis bahwa komunikasi tak semudah dahulu. Mungkin pesan tak lekas dijawab atau telepon tak segera diangkat karena si dia melakukan hal-hal lain. Ini bukan berarti dia selingkuh tapi memang ada beberapa hal yang mesti dilakukan. Karena itu, tentukan tujuan akhir dari LDR, apakah kamu juga ikut berpindah ke tempat kekasih atau justru dia yang akan menuju ke kotamu.

Baca juga: Kesalahan Penyebab Rusaknya Hubungan

Hubungan kalian bukanlah pertemuan bisnis

Saat salah satu berkunjung ke kota kekasih, LDR bukanlah pertemuan bisnis. Kamu boleh saja merencanakan A-Z tempat yang mesti dikunjungi atau sesuatu yang bisa dinikmati berdua tetapi semua itu bisa jadi tak berakhir sempurna. Saat ada masalah di waktu kunjungan, itu bukanlah akhir segalanya. Jangan berharap kunjunganmu akan sempurna. Terpenting adalah kualitas pertemuan bukan seberapa menariknya pasanganmu saat bertemu.

Habiskan waktu di hari pertama dan kedua kunjungan dengan bersantai atau nongkrong di rumah saja untuk memperbarui informasi tentang pasangan yang mungkin kalian lewati. Baru hari setelahnya, kamu dan pasangan bisa menghabiskan waktu di tempat-tempat menarik.

Jangan menguntit di media sosial

Ketika menjalani LDR, pikiran kita berimajinasi tentang apa yang pasangan lakukan yang tidak kita ketahui. Selanjutnya, kita menguntit media sosial pasangan, siapa yang me-like unggahannya, siapa yang diajak ngobrol, siapa teman barunya, dan lain sebagainya.  Pakar hubungan Damona Hoffman mengatakan menjadi detektif di media sosial menunjukkan bahwa kamu merasa hubunganmu tak aman dan mengkhawatirkan.  

Baca juga: Tanda Toxic Relationship dengan Pasangan

Pertahankan obrolan yang bermakna

Kamu tidak harus fokus berhubungan setiap hari dengan pasangan saat menjalani LDR. Buatlah percakapan yang bermakna saat menghubungi pasangan. Percakapan ini tak harus selalu direncanakan dan panjang tetapi lebih pada kualitas percakapan. Misalnya saat dia terpuruk di pekerjaan dan butuh hiburan, atau kejadian yang mengingatkanmu padanya.

Jangan bilang tidak pada LDR

Ketika mendengar hubungan jarak jauh, kita langsung terbayang betapa rumitnya hubungan tersebut. Pikiran ini akan menimbulkan prasangka buruk yang menyebabkan kamu tak berani mencoba LDR meski sebaik apapun pasanganmu. Jadi, coba saja dulu. 

Spread the love