Tur KRL Bogor-Jakarta Kota, Kuliner Hingga Wisata Kota

Tur KRL Bogor-Jakarta Kota, Kuliner Hingga Wisata Kota

Haidiva.com-Kereta Rel listrik atau commuter line menjadi moda transportasi penting untuk wilayah Jabodetabek. Di hari kerja, moda transportasi ini penuh sesak penumpang – kecuali di masa pandemi seperti sekarang. Saat hari libur, tipe penumpang yang semula kelompok pekerja menjadi pelancong karena banyak orang yang ingin plesiran.

Berikut ini, tempat wisata atau kuliner yang bisa dikunjungi saat menaiki KRL dengan rute Bogor-Jakarta Kota.

Stasiun Bogor

Bisnis.com

Cukup jalan kaki, kita bisa menikmati wisata hijau di Kebun Raya Bogor. Hunting kuliner juga bisa dilakukan dengan jalan kaki dari Stasiun Bogor. Banyak street food dan restoran enak di Jalan Paledang dan Jalan Nyi Raja Permas. Berjalan sedikit lagi, kita bisa mengunjungi kawasan Pecinan di Jalan Surya Kencana. Di sini, kita bisa menikmati makanan khas kota Bogor seperti bika Bogor, roti unyil, dan Martabak Encek yang legendaris itu.

Stasiun Pondok Cina

Kumparan

Dekat Stasiun Pondok Cina, Depok, Jawa Barat, banyak kuliner jalanan hingga restoran yang bisa dinikmati mulai dari kantong mahasiswa. Kuliner jalanan yang bisa kamu nikmati beragam, ada telur gulung, piscok lumer, cilok Solo, cilung, lumpia basah, otak-otak goreng, tahu gejrot, dan masih banyak lain. Jalan kaki sebentar ke arah Jalan Margonda, kamu bisa menemukan restoran yang ramah kantong tapi bisa dijadikan tempat ngumpul bersama teman atau kelurga. Misalnya Bakso Boedjangan, Milan Pizzeria Café, Roti Bakar Eddy, dan masih banyak lagi.

Baca juga: Tujuan Wisata di Indonesia yang Ramah Pejalan Kaki

Stasiun Manggarai

Detikfood

Ini adalah stasiun tengah kota yang paling banyak restoran di dalamnya. Tanpa perlu tapping  keluar, kamu bisa rapat cepat bersama klien di Starbuck, Dunkin Donuts, Bakso Malang Oasis, KFC Box, atau Roti O. Setelah rapat selesai, kamu tinggal pergi dengan commuter line tanpa harus menambah biaya masuk stasiun lagi. Ada pula pisang goreng tanduk ‘Mpok Nur’ yang legendaris, antriannya sangat panjang, letaknya di seberang Stasiun Manggarai. 

Stasiun Manggarai paling banyak dikunjungi oleh penumpang, tetap jaga keamanan dan keselamatan ya.

Stasiun Juanda

Liputan6.com

Kalau ingin wisata di sekitar ring 1 Indonesia,  kamu harus turun di Stasiun Juanda. Setelah keluar dari stasiun ini, ada bus city tour  gratis yang mengantarkanmu ke tempat-tempat bersejarah dan ikon kota seperti Monumen Nasional (Monas), Jalan Medan Merdeka, Istana Negara-Istana Merdeka, Masjid Istiqlal, Gereja Katerdral, maupun Bundaran Hotel Indonesia (HI).

Kalau lapar, kamu bisa menikmati es krim vintage di Ragusa di Jalan Veteran atau Retoran Padang Sari Bundo langganan Presiden Habibie di Jalan Juanda. Ingin beli kain dan produk skincare murah, datangi saja Pasar Baru.

Baca juga: Rekomendasi Wisata Museum di Surabaya

Stasiun Jakarta Kota    

Travel Detik

Di dekat Stasiun Jakarta Kota terdapat Kawasan Wisata Kota Tua yang memiliki beragam museum. Ada Museum Sejarah Jakarta, Museum Wayang, Museum Bank Indonesia, Museum Bank Mandiri, dan Museum Seni Rupa Keramik. Gaya bangunan lama membuat kawasan ini terlihat seperti di Eropa. Di kawasan ini, kamu tak hanya  bisa menikmati benda bersejarah tetapi juga berkeliling dengan sepeda.

Kalau bosan berwisata, silakan kunjungi Pasar Asemka yang menjual barang-barang souvenir dengan harga grosir. Tempat tepat bagi kamu yang ingin mencari cindera mata  nikahan, ulang tahun, atau pulang Haji. Bahkan, kamu juga bisa menjualnya kembali.**

Spread the love