Trik Gaya Hidup Hemat dan Lebih Ramah Lingkungan

Trik Gaya Hidup Hemat dan Lebih Ramah Lingkungan

Haidiva.com-Mengadopsi gaya hidup ramah lingkungan tak sekadar mengurangi sampah plastik, meski itu langkah besar hijrah ke arah yang lebih baik. Terpenting ialah mengubah pola pikir dan mengadopsi kebiasaan sederhana yang berdampak baik. Menariknya, pola pikir ramah lingkungan tak hanya berdampak pada masyarakat sekitar tetapi juga lebih hemat dan sehat.

Berikut ini adalah beberapa cara menjalani hidup ramah lingkungan, sekaligus hemat dan sehat seperti yang dikutip dari Herworld.

Baca juga: Tips Gaya Hidup Minimalis

Mengadopsi gaya hidup minimalis

Konsumsi yang berlebihan adalah salah satu masalah utama yang merugikan bagi lingkungan dan keuangan. Prioritaskan pembelanjaanmu hanya pada barang yang perlu saja. Hal ini membantu mengurangi sampah buangan dan tentu menghemat uang.

Manfaatkan kembali barang atau perabotan tua

Alih-alih membuangnya, kamu bisa menggunakan barang tua kembali. Caranya bisa digunakan dengan model vintage, diperbaiki ulang, atau dialih fungsikan. Misalnya cangkir yang patah gagangnya bisa kamu gunakan sebagai wadah pensil atau vas bunga.

Baca juga: Rumah Minimalis Para Artis Hollywood

Hindari sisa makanan berlebihan

Sampah makanan adalah salah satu masalah berat bagi lingkungan. Untuk mengatasinya, kamu hanya perlu membeli bahan makanan sesuai kebutuhan dan jangan berlebihan. Bila ada buah atau sayur di lemari es yang busuk, potong yang rusak dan konsumsi sisanya.

Gunakan kantong tas kain dan selalu bawa botol air

Sediakan kantong kain dan botol air dalam tasmu. Cara ini akan memotong pengeluaran untuk membeli air minum atau sekadar membayar kantong belanjaan. Mudah kan!**

Spread the love

2 thoughts on “Trik Gaya Hidup Hemat dan Lebih Ramah Lingkungan

Comments are closed.