Karakter Pengguna Media Sosial

Karakter Pengguna Media Sosial

Haidiva.com-Indonesia menjadi salah satu negara dengan jumlah pengguna media sosial terbesar di dunia. Beragam konten dihasilkan dari pengguna media sosial menunjukkan mereka mempunyai karakter yang berbeda. University of Winchester Inggris menyebutkan beberapa karakter pengguna media sosial berdasarkan keaktifannya.

The Ultras

Pengguna media sosial ini tak puas hanya sekadar mengecek notifikasi media sosial. Dalam sehari, The Ultras bisa mengunggah konten foto atau status dalam jumlah yang banyak. Bagi mereka, akun media sosial adalah ajang eksistensi diri. Namun kicauan pengguna media sosial ini bukan berarti menunjukkan bahwa ia seorang yang cerewet di dunia nyata, bisa jadi malah sebaliknya.

Baca juga: Tak Bisa Lepas dari Media Sosial? Awas FOMO!

The Dippers

Pengguna jenis ini tak selalu mengakses media sosial. Bagi mereka, berbagi sebaiknya dilakukan di dunia nyata dan atau hanya dengan orang-orang terdekat saja.

The Lurkers

Pengguna media sosial ini terlihat tak aktif di akunnya tapi sebenarnya mereka membuka setiap hari. Media sosial hanya digunakan untuk memantau isu yang beredar. Mereka menunjukkan pendapat lewat tanda suka atau tidak suka.

The Informers

Five people texting. Social media concept

Pengguna media sosial ini suka menyebarkan informasi yang ia anggap benar kepada orang lain tanpa dibubuhi opini yang berlebihan.

Baca juga: Akun Instagram Belajar Keuangan

The Ranters

Pengguna media sosial ini menyukai berbagi opini tentang kasus tertentu. Tipe ini bisa membedakan mana yang perlu ditulis di media sosial, dan mana yang tidak.**  

Spread the love