Tips Tatyana Bakalchuck Jadi Perempuan Terkaya di Dunia

Tips Tatyana Bakalchuck Jadi Perempuan Terkaya di Dunia

Haidiva.com-Pengusaha perempuan asal Rusia, Tatyana Bakalchuck termasuk deretan orang terkaya di dunia. Menurut Forbes.com , kekayaan Tatyana Bakalchuck mencapai USD 1,3 miliar atau sekitar Rp 18 triliun berkat usaha ecommerce Wildberries yang telah dia rintis sejak 2004. Apa kunci sukses dan menjadi kaya di dunia ala Tatyana Bakalchuck?

“Keberhasilan Wildberries bukan karena saya tapi berkat kerja sama kolektif seluruh tim,” kata Tatyana Bakalchuck seperti yang dikutip dari FT.com.

Meski menguasai 100 persen saham Wildberries, Tatyana merintis bisnis ini dengan dibantu suaminya Vladislav Bakalchuk yang seorang teknisi IT dan temannya, Sergei Anufriev. Tatyana dan tim memulai bisnis dari rumah susun kawasan miskin setelah memutuskan cuti hamil dari pekerjaan sebagai guru bahasa Inggris. Tatyana mulai berjualan karena mencari pendapatan lain. 

Baca juga:  Start Up Usaha Sosial yang Dirintis oleh Perempuan

Tahun pertama, Tatyana Bakalchuk menjual produk ritel Jerman Otto ke masyarakat Rusia. Ketika pesanan masuk, dia naik bus sendirian untuk mengambil barang dari pemasok kemudian mengirimkan paket ke kantor pos. Setahun kemudian, ia baru merekrut beberapa pekerja untuk menjalankan bisnis.

Baru mapan, Jerman Otto membuka cabang di Rusia dan bermitra dengan ecommerce lain sehingga Wildberries terpaksa mencari merek lain. Tatyana Bakalchuck mulai menyisir merek produk yang kelihatannya diminati oleh warga Rusia. Dia  menguji coba strategi penjualan tanpa takut gagal.

Dari apartemen, Tatyana yang merupakan orang Rusia keturunan Korea ini menjalankan bisnisnya tanpa investor eksternal. Tatyana Bakalchuck menolak investor swasta maupun modal ventura. Tatyana mengambil pinjaman pertama dari bank dengan tujuan agar dipercaya saat melakukan kerja sama transaksi pembayaran online bukan untuk memulai usaha.

“Chief financial officer kami menyarankan mengambil kredit bank agar mempunyai reputasi keuangan yang baik,” ujar Tatyana.

Baca juga: Digital jadi Peluang Usaha Perempuan

Saat ini, Tatyana memimpin 48 ribu karyawan tetap dan 12 ribu staf paruh waktu yang ditambah untuk mengatasi lonjakan bisnis selama pandemic covid-19. Tahun 2019, transaksi penjualan Wildberries mencapai USD 30 miliar atau sekitar Rp 420 triliun. Wildberries menawarkan 4 juta produk dari 35 ribu merek dan  26 ribu pemasok. Ada 2 juta pelanggan yang melakukan transaksi di ecommerce milik Tatyana Bakalchuck setiap hari. 

Tatyana membuat layanan yang berbeda dengan kompetitornya. Misalnya, pelanggan Wildberries dapar memesan item pakaian dalam beberapa ukuran yang berbeda dan mencobanya di titik penjemputan. Barang bisa dikembalikan bila tak cocok. Secara keseluruhan, ada 7000 titik penjemputan di seluruh Rusia. Lokasi ini bekerja sama dengan pemasok sehingga Wildberries mendapatkan biaya yang murah.

Saat pandemic covid-19, Tatyana Bakalchuck memberikan semua peralatan pelindung kepada petugas pengiriman sehingga mereka tetap aman. Ketika pesaing memotong pangsa pasar, Tatyana mendirikan departemen logistik sendiri sehingga bisa membuat pengiriman gratis.

“Kami memiliki dua prinsip utama, berikan layanan terbaik untuk pelanggan dan gunakan sumber daya keuangan sesehat mungkin,” kata Tatyana Bakalchuk.**

Spread the love

1 thought on “Tips Tatyana Bakalchuck Jadi Perempuan Terkaya di Dunia

Comments are closed.