081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Tips Sukses Wawancara Kerja Online

Tips Sukses Wawancara Kerja Online

Haidiva.com-Di masa pandemi seperti sekarang, wawancara kerja bisa dilakukan melalui telepon  atau jaringan online, tanpa harus bertemu langsung. Wawancara online ini mempunyai tantangan bagaimana kita meyakinkan si pewawancara sekaligus terlihat profesional di lingkungan ternyaman kita sendiri.

Mengutip dari Marie Claire, inilah tips sukses wawancara kerja online yang boleh kamu terapkan.

Persiapkan dirimu sebaik mungkin

Saat menjadwalkan pertemuan online, pastikan kamu bertanya berapa lama wawancara akan dilakukan. Setelah itu, tentukan tempat yang nyaman dan layak untuk melakukan wawancara online. Cari tempat dengan kondisi tenang dan cukup terang namun tak menyilaukan. Uji coba dulu, pastikan lokasi tersebut membantumu menampilkan suara dan gambar yang terbaik. Jangan lupa, gunakan baju dan riasan wajah yang pantas.

Baca juga: Tips Fokus Kerja Selama Pandemi

Kuasai seni berkomunikasi online

Komunikasi yang efektif bisa menghasilkan impresi yang menarik tentang kita. Tunjukan kepribadianmu yang menarik dengan mendengarkan lawan bicara tanpa memotong omongan, dan selalu tersenyum saat berbicara. Ingat, hindari suara-suara yang tak perlu dan justru merusak pembicaraan.

Saat menceritakan tentang dirimu, sampaikan hanya pada poin penting yang relevan dengan pekerjaan yang kamu lamar. Kamu juga bisa memberikan saran perbaikan untuk perusahaan yang kamu tuju setelah memujinya terlebih dahulu.

Tetap tenang dan berstrategi

Alih-alih menjelaskan kemampuan, sebaiknya kamu menekankan hasil pekerjaan yang telah kamu lakukan. Misalnya saat melamar sebagai admin media sosial, sebutkan beberapa capaian media sosial yang pernah kamu kelola.

Baca juga: Koordinasi Kerja, Berikut Aplikasi Online yang Bisa Dipakai

Ketika pewawancara tertarik dan menanyakan gaji yang kamu butuhkan, jawablah besaran gaji yang benar-benar kamu ingin terima. Ketika mereka menawar terlalu rendah, cobalah untuk menyebutkan batas minimal yang ingin kamu terima beserta alasannya. Mereka kadang hanya ingin menguji seberapa kuat keyakinanmu.

Tapi bila harga yang ditawarkan tetap tak bisa dinaikan, kamu bisa minta waktu sehari atau dua hari untuk berpikir. Percakapan online sering kali membuat kita tak bisa berpikir dengan jernih.**

Spread the love

One thought on “Tips Sukses Wawancara Kerja Online

  1. Terganggu Telemarketer? Cara Menolak dengan Sopan
    October 22, 2020 at 11:05 am

    […] Baca juga: Tips Hadapi Wawancara Kerja Online […]

Comments are closed.