081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Tips Merawat Kendaraan Bermotor, Perempuan Wajib Tahu

Tips Merawat Kendaraan Bermotor, Perempuan Wajib Tahu

Haidiva.com-Perawatan kendaraan bermotor, seringkali dianggap bukan prioritas bagi para perempuan. Hal ini dikarenakan kegiatan tersebut umumnya dilakukan hanya oleh para laki – laki.

Sebagai perempuan, sebeneranya Kamu pun bisa melakukan perawatan pada kendaraanmu, minimal aware terhadap perawatan-perawatan ringan yang dibutuhkan pada kendaraan bermotor.

Berikut beberapa perawatan ringan pada kendaraan bermotor yang wajib Kamu perhatikan.

Buat Daftar Pemeliharaan Secara Preventif
Buatlah daftar servis rutin serta hal preventif lain untuk kendaraanmu. Minimal untuk hal dasar seperti tekanan udara pada ban, filter udara, oli mesin, dan beberapa lainnya untuk memastikan semuanya dalam keadaan prima.

Baca juga: Hobi unik selebriti, ada yang motoran

Paham Kondisi dan Tekanan Pada Ban

Ban motor (depositphotos)

Pastikan ban kendaraan bermotormu dalam keadaan baik dan memiliki tekanan udara yang cukup. Kalau tidak mengerti tekanan ban, kamu bisa bertanya ke mekanik bengkel. Bila kamu mengendarai mobil, jangan lupa juga untuk sedia ban cadangan pada mobilmu.

Lakukan Pengecekan Berkala Pada Filter Udara

Filter udara pada mesin ibarat paru – paru pada kendaraan. Melakukan pengecekan mandiri bisa dilakukan dengan cara melihat manual guide untuk melihat dan memastikan filter udara kendaraan selalu bersih.

Lakukan Pengecekan Berkala Pada Oli Mesin

Kamu bisa lakukan pengecekan berkala pada oli mesin. Dengan melakukan pengecekan bisa mengurangi ketidakprimaan pada kendaraanmu. Namun bila kamu merasa repot sendiri, kamu bisa bawa kendaraanmu ke bengkel terdekat minimal tiap satu bulan sekali.

Baca juga: Drive in theater, ini yang harus kamu siapkan

Kontrol Konsumsi Bahan Bakar

Perempuan naik sepeda motor (Pxhere)

Pastikan konsumsi bahan bakar dan kualitas ban kendaraanmu seimbang. Selain agar konsumsi bahan bakar lebih irit serta ban pada kendaraan juga jadi lebih awet guna.

Bersihkan dan Ganti Wiper

Bagi kamu pengendara mobil, wiper menjadi bagian penting di kala perjalanan, apalagi bila cuaca memasuki musim penghujan. Periksa dan bersihkan kotorannya dengan handuk atau kertas basah. Wiper pada umumnya wajib diganti setiap enam bulan sekali. Minimal kalau kualitas fungsinya sudah menurun, menjadi waktu yang pas untuk melakukan penggantian.

Restock Emergency Kit

Pastikan selalu menaruh emergency kit untuk keadaan darurat. Kalau tidak memilikinya, kamu bisa sediakan selalu sebotol air, senter, lakban, energy bar, selimut, serta ponsel cadangan ketika kendaraan sedang bermasalah di jalanan.

Spread the love