081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Negara Terbaik untuk Perempuan, Tempat Tinggal Ramah Gender

Negara Terbaik untuk Perempuan, Tempat Tinggal Ramah Gender

Haidiva.com-Seluruh negara di dunia tak henti – hentinya mendorong kesejahteraan perempuan agar terus membaik. Telah ada beberapa negara terbaik yang mendapatkan predikat ramah perempuan karena memberi ruang nyaman dan tempat tinggal tanpa membedakan gender.

Berdasarkan survei yang diadakan U.S News dan World Report 2018 silam, serta menjangkau 9.000 orang perempuan dari berbagai negara untuk menentukan negara terbaik yang dapat ditinggali para perempuan. Survei ini mempertimbangkan beberapa hal yang dianggap sangat penting. Seperti tingkat kesetaraan gender, keselamatan, kemajuan, kesetaraan pendapatan, dan kepedulian hak asasi manusia.

Berikut 6 negara yang cocok buat kamu para perempuan tinggal disana.

Belanda

epa09266820 Players from the Netherlands celebrate winning the final match of the European Hockey Championships between the Netherlands and Germany in Amstelveen, the Netherlands, 13 June 2021. EPA/WILLEM VERNES

Di balik keindahan destinasi- destinasi wisatanya, Belanda menjadi tempat tinggal yang cocok bagi para perempuan. Negeri Kincir Angin ini juga telah lama menjadi negara perintis kesetaraan gender.

Baca juga: Negara yang menerapkan cuti melahirkan untuk laki-laki

Kebijakan emansipasi pada 1978 memastikan bahwa orang tua dapat meninggalkan anaknya di usia tertentu, dengan perawatan, pendapatan, kekuatan, keputusan, serta pendidikan. Pendapatan gaji pun akan sama antara laki-laki dan perempuan. Hingga saat ini, Belanda memberikan akses mudah dengan biaya yang ditanggung oleh negara.

Denmark

Denmark menjadi negara di dunia selanjutnya untuk tempat tinggal para perempuan. Negara ini telah menganut kesetaraan gender, di mana laki-laki dan perempuan dianggap sama.

Para laki – laki dan perempuan dapat menikmati akses gratis untuk perawatan medis, serta pendidikan tinggi. Selain itu, pendapatan para perempuan juga tak kalah besar dibandingkan dengan laki – laki. Hal menarik lainnya adalah, Denmark juga merupakan rumah bagi sebuah Partai Feministik Initiativ.

Baca juga: Pemimpin perempuan di negara yang terbaik atasi Covid-19

Finlandia

Kabinet pemerintahan Finlandia dipimpin perempuan

Finlandia merupakan negara pertama di dunia yang memberikan hak pilih kepada perempuan. Tidak hanya itu, Finlandia juga merupakan negara pertama yang melegalkan hak pilih secara universal. Di negara ini, laki – laki dan perempuan benar – benar setara dalam setiap aspek kehidupannya.

Kanada

Perempuan kulit hitam di Canada (istimewa)

Melalui Menteri Keuangannya, Bill Morneau, memiliki rencana pengeluaran federal pada tahun ini yang berjudul “Equality + Growth, a Strong Middle Class”. Tujuannya untuk memberdayakan perempuan dan menginvestasikannya sebagai pendukung penting dalam tenaga kerja negara. Negara ini juga sangat melindungi hak – hak perempuan di sebagian kebijakan domestik dan luar negeri.

Swedia

Perempuan Swedia aktif di ranah publik (istimewa)

Sama dengan negara – negara di atas, kesetaraan gender di negara satu ini sudah bisa terlihat nyata. Hampir dua per tiga dari semua universitas di Swedia diperuntukkan untuk para perempuan. Kebijakan mengenai orang tua yang meninggalkan anaknya di umur tertentu juga sudah cukup fleksibel.

Baca juga: Skotlandia gratiskan pembalut di tempat umum

Tak hanya itu, badan pemerintahan seperti Sekretariat Gender memfasilitasi nilai-nilai kesetaraan pada seluruh platform.

New Zealand

Kabinet parlementer Selandia Baru dipimpin oleh perempuan (New York Times)

Pada tahun 1893, New Zealand merupakan negara mandiri pertama di dunia. Sejak saat itu, semua perempuan secara hukum memiliki hak untuk memilih dalam pemilihan parlementer.

Negara ini menjunjung kesetaraan gender dengan sangat baik. Bukan hanya itu saja, bahkan New Zealand juga turut mementingkan aspek perdamaian dunia lho!

Spread the love