081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Tips Kulit Terlihat Segar Selama Puasa Ramadan

Tips Kulit Terlihat Segar Selama Puasa Ramadan

Haidiva.com-Menjalani puasa Ramadan bukan berarti terlihat lemas dan lesu. Justru kita harus nampak segar dan semangat menjalani aktivitas. Masalahnya, terkadang kulit kita terlihat kusam lantaran dehidrasi atau kurang cairan.

Kita butuh perawatan yang tepat agar kulit wajah dan tubuh terlihat segar selama puasa di bulan Ramadan. Dikutip dari Alarabiya.net, ini tips untuk Kamu.

Minum air cukup

Minum air cukup saat berbuka puasa maupun sahur (istimewa)

Di rentang adzan Maghrib hingga Subuh, kita perlu minum air putih dengan jumlah cukup. Tahapannya dua gelas air putih dikonsumsi pertama, segelas setelah makanan berbuka, satu gelas setelah salat Isya atau tarawih, dan segelas sebelum tidur.

Selanjutnya, segelas setelah bangun tidur dan dua gelas setelah makan sahur. Ingat, minuman seperti es teh, es sirup, es buah, bahkan kolak tidak termasuk sebagai hitungan air putih yang harus dikonsumsi.

Baca juga: Tanda kulit kering tak hanya dehidrasi

Skincare yang melembabkan

Pilih skincare yang berbahan dasar air dan melembabkan kulit (istimewa)

Skincare bisa digunakan untuk mengunci kelembaban. Setelah mandi, jangan lupa oleskan lotion tubuh dan ulangi setelah berwudhu atau bila kulit terasa kering. Untuk wajah, gunakan pelembab dan tabir surya setelah mencuci muka dan berwudhu.
Watermask dan serum bisa digunakan sebelum tidur untuk mengembalikan kesegaran wajah. Penggunaan face mist dianjurkan pada ruangan yang ber-AC.

Pemilik tipe wajah berminyak tetap harus menggunakan pelembab. Pilih pelembab yang bebahan dasar air.

Makeup tipis

Gunakan makeup tipis saja (istimewa)

Perpaduan makeup tebal dengan pelembab akan menyebabkan kulit menjadi sesak dan berpotensi jerawat. Tak perlu menggunakan concealers, lighter, dan sebagainya. Cukup gunakan BB Creams dan lip balm dengan kandungan SPF tinggi.

Baca juga: Resep jus warna warni, baik untuk kulit

Makeup tipis memberi ruang bagi kulit wajah bernafas. Penampilan seperti ini juga mudah dibersihkan saat berwudhu daripada riasan tebal.

Camilan sehat

Jus, yoghurt, dan aneka buah berrie baik untuk kesehatan kulit (istimewa)

Saat berbuka puasa, pilih camilan sehat seperti smoothies, buah-buahan, kacang rebus atau sangrai tanpa minyak, atau yoghurt. Buah-buahan dan kacang-kacangan mengandung antioksidan yang bagus untuk kulit. Selain itu, camilan sehat ini rendah lemak dan tinggi serat.

Hindari makan goreng-gorengan dan makanan yang terlalu manis. Gula dan karbohidrat dari makanan itu akan mempercepat penuaan dini dan tak baik untuk kulit.

Spread the love