081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Tips Buka Usaha ala Mantan Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti

Tips Buka Usaha ala Mantan Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti

Haidiva.com-Sebelum menjadi pengusaha besar serta Menteri Kelautan dan Perikanan, Susi Pudjiastuti merintis bisnis skala mikro sejak lulus SMP. Ada banyak tantangan, jatuh bangun yang harus dilewati Susi agar bisa bertahan hingga sukses. Bermula dengan jual beli ikan di nelayan dengan modal Rp 750 ribu, kini Susi sukses menjadi pengusaha ekspor hasil-hasil perikanan dan berbisnis penerbangan perintis dengan omset ratusan miliar rupiah per bulan.

Dikutip dari berbagai sumber, berikut tips sukses membuka usaha dan berbisnis ala Susi Pudjiastuti.

Bijak atur keuangan

Menteri Kelautan dan Perikanan Susi Pudjiastuti melakukan peninjauan hasil tangkapan dan kuliner di Pasar Ikan Waneri Tanjung Wagon, Kabupaten Fakfak, Provinsi Papua Barat. (Dok KKP)

Susi mengatakan para perempuan yang ingin membuka usaha harus mulai menanamkan pola pikir bisnis dan pintar mengatur keuangan. Ia menyarankan agar memisah pengelolaan keuangan pribadi dan usaha. Pengusaha pemula sebaiknya tidak cepat puas bila banyak laba yang diraih, perlu menggunakan uang untuk membesarkan bisnis bukan untuk kesenangan pribadi.

“Mereka juga harus bisa mengelola keuangan, hemat, jangan besar pasak daripada tiang,” kata Susi dikutip dari CNBC Indonesia.

Baca juga: Kesalahan Atur Keuangan Pengusaha Menurut Prita Ghozie

Fokus dan all out

TEMPO/Dasril Roszandi

Susi mengatakan pengusaha pemula harus fokus mencurahkan tenaga dan pikiran untuk membesarkan bisnisnya. Bukan berarti para karyawan atau pelajar tak boleh berbisnis, tetapi harus pintar membagi waktu dan memisahkan urusan pekerjaan satu dengan yang lain. Susi juga menganjurkan untuk menghindari waktu yang tak perlu.

“Jadi sebetulnya sleeping is better than hangout. Karena sleeping itu paling tidak kita lebih sehat badannya, sel-selnya recovery,” kata Susi

Inovasi sesuai kebutuhan pasar

Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia Susi Pudjiastuti menjadi salah satu penampil khusus membawakan baju rancangan Anne Avantie di Indonesia Fashion Week, Jakarta Convention Center, Jakarta, Kamis (29/3/2018). Peragaan busana dengan tema Sekarayu Sriwedari ini menampilkan busana 29 tahun Anne Avantie berkarya sebagai perancang busana.(KOMPAS.com/KRISTIANTO PURNOMO)

Susi menyarankan agar berinovasi dan mengikuti perkembangan pasar. Tujuannya agar pelanggan tidak beralih ke yang lain. Rajin mencari informasi, pengetahuan, dan keahlian baru sesuai perkembangan zaman.

“Ingat, perhatikan kebutuhan pasar yang baru,” ucap Susi.

Bekerja keras dan menyukai pekerjaan

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Susi Pudjiastuti mengatakan bahwa Indoneaia merupakan negara terbesar kedua setelah Cina dalam hal penyumbang sampah laut di dunia.(KOMPAS.com/HADI MAULANA)

Susi sangat menyukai laut dan berpergian sehingga membuka bisnis sesuai dengan kegemaran. Ibu beranak tiga ini menyarankan agar memulai bisnis bukan karekan keterpaksaan. Memulai bisnis dari hal yang disukai, membuat kita lebih ahli dan tak cepat bosan.

Baca juga: Bisnis Sampingan untuk Ibu Muda

Jangan takut gagal

Susi Pujiastuti, CEO PT ASI Pudjiastuti Aviation (Susi Air). Berpose dengan udang lobster di rumahnya Country Wood, Ciputat, Jakarta (20/1) KONTAN/Hendra Suhara

Setiap bisnis besar sering bermula dari kegagalan-kegagalan kecil. Susi mengatakan bisnisnya tak selalu berjalan mulus tapi dia tak ingin larut dalam kegagalan. Ketika larut dalam penyesalan, kita jadi sulit berpikir positif dan kreatif.

“Saya tidak pernah terlarut dalam sebuah kegagalan karena hanyak membuat tenaga kita hilang dan mood menjadi jelek,” ujar Susi Pudjiastuti saat mengisi kuliah umum untuk ribuan mahasiswa baru Institut Teknologi Bandung, 2017 lalu.

Spread the love

One thought on “Tips Buka Usaha ala Mantan Menteri Kelautan Susi Pudjiastuti

  1. Tips Bisnis UMKM 2021, Calon Pengusaha Wajib Baca
    December 14, 2020 at 11:24 am

    […] Baca juga: Tips Buka Usaha Ala Susi Pudjiastuti […]

Comments are closed.