081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Terapkan 4 Langkah Ini Agar Terhindar dari Investasi Bodong

Terapkan 4 Langkah Ini Agar Terhindar dari Investasi Bodong

Haidiva.com-Baru-baru ini, Kepolisian Daerah Jawa Timur membongkar kasus investasi bodong MeMiles yang diduga beromzet Rp 740 miliar. Dikabarkan investasi bodong ini juga menyeret sejumlah artis ibu kota. Nah, agar terhindar dari investasi bodong seperti MeMiles, ada 4 langkah yang perlu diperhatikan.

Memiles merupakan platform digital advertising dengan memadukan 3 jenis bisnis yakni advertising, market place dan traveling. MeMiles memberikan iming-iming yang diluar logika. Misalkan dengan top up Rp 300.000 bisa dapat bonus HP, top up Rp 3 juta dapat sepeda motor dan top up Rp 7 juta dapat Mobil Fortuner.

cnnindonesia.com

Berdasarkan data dari Satgas Waspada Investasi, selama tahun 2019 ada sekitar 444 entitas yang diduga melakukan investasi bodong. Menurut data, dari Otoritas Jasa Keuangan (OJK) dan Satgas Waspada Investasi, sebenarnya aktivitas MeMiles telah dihentikan sejak Agustus 2019. Wah tentunya kamu tak mau dong terjebak investasi bodong. Sebaiknya lakukan 4 langkah ini agar terhindar dari investasi bodong.

1.Cari Informasi Sebelum Investasi

freepik.com

Sarjito, Deputi Komisioner Edukasi dan Perlindungan Konsumen OJK, sebagaimana dilansir oleh CNN Indonesia, menyarankan sebelum memulai investasi, ada baiknya kamu cari informasi sebanyak-banyaknya. Identifikasi dulu jenis investasinya apa, jangan karena pengaruh tawaran besar atau ikut-ikutan saja tapi harus menjadi pembaca yang baik.

2.Cek Legalitasnya ke OJK

mag.co.id

Setelah investor melakukan identifikasi program investasi yang ditawarkan apakah masuk akal atau tidak, lanjutkan pada tahap mengecek pengelola investasi. Pastikan pengeloa investasi memiiki izin yang sah. Semua pengelolaan dana itu harus diawasi dan diregulasi oleh OJK.

3.Waspada Iming-Iming Return Besar

koinworks.com

Return atau imbal hasil dari bentuk investasi adalah hal yang wajar. Namun kamu harus memahami dasar investasi high risk high return dan low risk low return. Dalam kasus MeMiles dengan investasi kecil yang cuma Rp 3 juta bisa dapat sepeda motor, Rp 7 juta bisa dapat Mobil Pajero, tentunya tidak masuk akal.

4.Lindungi Media Sosialmu

thejakartapost.com

Dengan keterbukaan informasi saat ini, banyak oknum dapat dengan mudah mengetahui profil dari media sosial. Oknum biasanya menggunakan data profil media sosialmu untuk mendekatkan dirinya. Oleh karena itu, mulai lah lindungi media sosialmu. (kia)

Spread the love

2 thoughts on “Terapkan 4 Langkah Ini Agar Terhindar dari Investasi Bodong

  1. ORI017, Investasi Menggiurkan di Era New Normal
    June 25, 2020 at 12:19 pm

    […] Baca juga: Langkah agar terhindar investasi bodong. […]

  2. Pertanyaan untuk Financial Advisor Sebelum Kamu Memilihnya
    July 24, 2020 at 4:26 pm

    […] Baca juga: Cara Menghindari Invetasi Bodong […]

Comments are closed.