081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Taman Mozaik: Bekas Rawa yang Kini Jadi Taman Kekinian

Taman Mozaik: Bekas Rawa yang Kini Jadi Taman Kekinian

Haidiva.com-Hari libur saatnya mengeksplor tempat baru. Tak perlu jauh-jauh ke luar kota atau luar negeri, karena Surabaya punya taman baru yang bisa kamu kunjungi. Namanya Taman Mozaik, bekas rawa yang disulap jadi tempat foto kekinian dan instagramable.

Taman Mozaik baru saja dibuka bulan Oktober 2019. Memiliki predikat sebagai salah satu kota yang ramah lingkungan, membuat Surabaya seakan tanpa henti menyediakan taman atau kawasan Ruang Terbuka Hijau di seluruh kawasannya.

Terletak di Jalan Wiyung Praja, Kecamatan Wiyung, Surabaya Barat, Taman Mozaik berbeda dengan taman lainnya yang ada di tepi jalan besar. Untuk mencapai tTaman Mozaik, kamu harus masuk ke dalam gang sejauh kurang lebih 500 meter.

Taman Mozaik merupakan jenis taman aktif yang dapat dinikmati dengan bebas oleh para pengunjungnya. Taman Mozaik bernuansa warna-warni dan mengusung tema yang berbeda dari taman yang sudah dibangun sebelumnya. Bangunan utama taman ini adalah sebuah aksen bangunan menyerupai rumah yang berdinding mozaik warna-warni.

Selain Mozaik yang instagenic, ada juga benda berbentuk prisma yang juga tidak kalah menariknya. Prisma ini di susun berjejer di tepi jalan beton menuju ke Rumah Mozaik, dan menjadi pelengkap keindahan pada Taman Mozaik.

Taman Mozaik dipenuhi pengunjung

Meski pengerjaan taman ini belum sepenuhnya rampung, Taman Mozaik sudah menjadi favorit masyarakat Surabaya untuk menghabiskan waktu luang. Terbukti banyaknya pengunjung yang datang ke tempat ini di hari libur.

“Foto-foto di sini bagus banget, warna-warni beda sama taman lainnya,” ujar Widya salah satu pengunjung Taman Mozaik.

Taman Mozaik memiliki luas lahan total 5.100 meter persegi. Untuk pembangunan tahap pertama Pemerintah Kota Surabaya mengerjakan seluas 1.850 meter persegi. Pemerintah Kota Surabaya sudah akan menyiapkan pembangunan tahap kedua demi melengkapi fasilitas yang lebih memadai untuk menunjang kenyamanan saat berkunjung ke taman Mozaik.

Sebelum dibangun menjadi taman, lahan yang digunakan ini dulunya merupakan bekas rawa-rawa yang lama terbengkalai. Rawa-rawa yang penuh semak belukar dan hewan liar seperti reptil dan ular, membuat Pemerintah Kota Surabaya berinisiatif untuk melakukan pengubahan lokasi menjadi taman yang sekarang bernama Taman Mozaik ini.

Wah, siapa sangka Taman Mozaik yang instagramable ini dulunya rawa. Sungguh kinerja Pemerintah Kota Surabaya patut diapresiasi. (dit)

Spread the love