081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Edukasi Hilangkan Stigma-Diskriminasi Terhadap HIV/AIDS

Edukasi Hilangkan Stigma-Diskriminasi Terhadap HIV/AIDS

Haidiva.com-Banyak orang yang memberikan stigma bahwa Orang Dengan HIV AIDS (ODHA) adalah orang yang suka berzina atau bahkan perempuan nakal. Padahal, data yang dihimpun oleh Kementerian Kesehatan dari 2009-2029 menunjukkan bahwa ibu rumah tangga adalah terbanyak kedua yang mengidap HIV AIDS.

“Ibu rumah tangga 16.854 jiwa,” begitu data Kementerian Kesehatan.

Angka tertinggi pada tenaga non-profesional atau karyawan formal maupun informal sebanyak 17.887 jiwa. Wiraswasta mencapai 15.235 jiwa, petani/peternak/nelayan berkisar 5.789 jiwa, dan buruh kasar ada 5.417 jiwa.

Masih berasal dari data yang sama, mayoritas para ibu rumah tangga tersebut tertular dari suaminya yang melakukan hubungan seks berisiko atau suntikan narkoba tanpa mengganti jarum. Karena itulah, perlu ada edukasi yang benar tentang HIV AIDS dan  ODHA agar stigma dan diskriminasi bisa dihindari.

“Yang masih kurang saat ini dari sisi edukasi dan pemahaman bagi kita semua. Edukasi perlu dilakukan kepada siapapun,” kata Putri Cherry penyintas HIV saat mengisi acara di Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, seperti yang dikutip dari Kantor Berita Antara.

Putri mengatakan ODHA dapat hidup normal dengan rutin minum obat ARV setiap hari. Obat ARV akan menekan virus HIV pada tahap tidak terdeteksi sehingga tidak akan menular kepada orang lain. Hanya saja, masih ada masyarakat, termasuk yang berisiko HIV/AIDS, masih menolak memeriksa diri. (ndr)

Spread the love