081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Tak hanya BTS, Artis Korea Laporkan Haters ke Jalur Hukum

Tak hanya BTS, Artis Korea Laporkan Haters ke Jalur Hukum

Haidiva.com-Big Hit Entertainment, agensi dari Bangtan Sonyeondan (BTS), memilih jalur hukum untuk melaporkan para netizen yang menyebarkan hoaks atau ujaran kebencian terhadap artisnya tersebut. Para haters yang dilaporkan itu sempat meminta maaf dan berusaha mencari jalan damai tetapi Big Hit tak berniat mengampuni.

“Sebagian tersangka akan dijatuhi hukuman denda. Sedangkan tersangka lain masih dalam tahap investigasi,” kata kuasa hukum Big Hit seperti yang dikutip dari Soompi.

Sejatinya, tak cuma Big Hit saja yang melaporkan haters ke jalur hukum. Berikut ini beberapa artis Korea Selatan yang pernah mengambil tindakan hukum terhadap haters.

Baca juga: BTS Cetak Sejarah di Industri Idol Korean Pop

IU

Oktober 2019, EDAM entertainment melaporkan sejumlah netizen yang melontarkan hoaks dan ujaran kebencian terhadap artinya, penyanyi dan pemain drama IU. Sampai saat ini, investigasi dan penanganan hukum tengah berlangsung. Sebelumnya, agensi IU di tahun 2017 juga pernah melaporkan ke jalur hukum youtuber yang melontarkan fitnah dan melakukan pelecehan seksual secara verbal terhadap artis Korea ini.

Kang Daniel

September tahun lalu, Konnect Entertainment yang merupakan agensi Kang Daniel itu melaporkan sejumlah haters yang menyerang dan menyebarkan hoaks di media sosial ke kantor polisi Gangnam. Sejumlah haters kemudian dikenai denda masing-masing sebesar 2 juta Won Korea atau Rp 23 juta serta hukuman penjara satu tahun.

Lee Min Ho

Mei tahun lalu, agensi MYM Entertainment melaporkan haters ke kantor Kejaksaan Distrik Pusat Seoul atas tindakan penyebaran hoaks dan rumor negatif soal Lee Min Ho.  Lee Min Ho dikabarkan mengalami gangguan psikologis akibat dampak ujaran kebencian yang telah menyerangnya maupun penggemarnya.

Baca juga: Fakta Dibalik Indusri Kpop

Taeyeon SNSD

Tahun 2107 lalu, Taeyeon yang merupakan leader girlband SNSD ini diserang oleh netter lewat komentar menyudutkan dan fitnah di media sosial. Akhirnya, Taeyeon melaporkan para haters ke jalur hukum. Fans Taeyeon bahkan membantu idolanya itu mengumpulkan 2000 dokumen sebagai bukti hoaks dan ujaran kebencian yang dibuat oleh haters.

Bae Yong Jun

Bae Yong Joon ini pernah diserang haters setelah video dan foto pernikahannya pada tahun 2015 lalu. Sebanyak 30 orang netizen diproses secara hukum, 80 persennya datang meminta maaf  dengan datang langsung ke KeyEast Entertainment, agensi yang didirikan oleh Bae Yong Joon. Artis senior itu kemudian memaafkannya. Sedangkan 3 haters lain yang tak mengakui kesalahan kemudian dipenjara dan dikenai denda.**

Spread the love

3 thoughts on “Tak hanya BTS, Artis Korea Laporkan Haters ke Jalur Hukum

  1. Selebriti Dunia yang jadi Korban Kenekatan Penggemar
    July 3, 2020 at 11:53 am

    […] Baca juga: Artis Korea yang Pernah Laporkan Haters ke Jalur Hukum […]

  2. #FreeBritney, Ada Apa dengan Britney Spears?
    July 16, 2020 at 10:44 am

    […] Baca juga: Tak Hanya BTS, Artis Korea Laporkan Haters […]

  3. Ibu Han So Hee & Ortu Artis Korea Lain Pakai Nama Anak untuk Menipu
    July 20, 2020 at 2:43 pm

    […] Baca juga: Tak Hanya BTS, Artis Korea Laporkan Haters ke Jalur Hukum […]

Comments are closed.