081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Table Manners Sederhana agar Makan Terlihat Berkelas

Table Manners Sederhana agar Makan Terlihat Berkelas

Haidiva.comTable manners, alias aturan di meja makan, penting kita perhatikan apalagi saat menyantap makanan dengan orang penting atau rekan bisnis. Di manapun kamu berada, restoran, rumah, atau tempat kumpul-kumpul lain, tata krama di meja makan membuatmu terlihat elegan dan berkelas.

Saat ini, kebanyakan orang melupakan tata krama meja makan karena dianggap sudah akrab. Padahal, tak ada salahnya terlihat anggun saat berjamu dengan siapapun. Dikutip dari Pinkvilla, inilah lima tata kara yang penting diikuti saat makan.

Jangan meniup makanan

Table Manners, Tata Krama Sederhana agar Makan Terlihat Berkelas (matcha)

Jika makanan yang terhidang di depanmu dalam keadaan panas, jangan meniupnya. Sebaliknya, tunggulah hingga makanan cukup dingin dan bisa kamu santap. Meniup makanan seringkali dianggap tidak sopan di muka umum.

Baca juga: Cara menolak telemarketer dengan sopan

Sambil menunggu makanan dingin, kamu bisa mengobrol santai dengan kolegamu. Karena setelah makanan siap disantap, orang kadang lebih suka menikmati dibandigkan mengobrol dengan rekan semeja.

Jangan minum saat mulut penuh

Kapanpun ingin menyesap minuman, kamu jangan menyentuh bibir gelas saat mulut penuh. Kondisi tersbut bisa meninggalkan noda makanan di tepi gelas. Minum di saat mulut penuh makanan juga menyebabkan rentan tersedak.

Sebelum minum, kunyah dan telan makanan terlebih dahulu. Kemudian usap bibir dengan serbet atau tisu lalu minumlah perlahan.

Jangan tergesa

Table Manners, Tata Krama Sederhana agar Makan Terlihat Berkelas (wow parenting)

Baca juga: Waktu yang tepat makan pie

Meski kamu sangat menyukai makananya, jangan tergesa-gesa menghabiskannya hingga terdengar suara piring dan sendok berdenting. Kunyah dengan mulut tertutup dan minimalisir suara berdecap. Suara gaduh di meja makan kadang dianggap tidak sopan.Jadi, nikmati makanan dengan sabar dan hindari menggores menggores piring dengan kencang.

Perhatikan tanganmu

(Image name)

Saat kamu memegang alat makan di satu tangan, jagalah tangan lainnya di pangkuan. Hindari tangan mengayun di udara karena dikhawatirkan mengganggu pelayan menata makanan atau kenyamanan teman semeja.

Saat kamu tidak sedang makan, pertahankan kedua tangan di pangkuan serta hindari terlalu banyak bergerak di atas meja. Setelah makanan disingkirkan atau sebelum makanan datang, tanganmu masih bebas bergerak asal tetap sopan.

Baca juga: Mindful snacking, solusi ngemil saat pandemi

Perhatikan tasmu

Setiap kali makan di luar rumah, penting meletakkan tas di tempat yang sesuai. Jangan menaruh tas di meja makan. Saat berada di restoran, letakan tas di panggkuan. Tapi kalau menyantap makanan di rumah teman, simpanlah di kursi atau meas sesuai dengan sara tuan rumah.

Jadi, manner di meja makan membentuk karakter. Tata krama sederhana tersebut akan membuatmu terlihat anggun dan berkelas.

Spread the love