081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Simak 5 Tips Investasi Saham untuk Pemula

Simak 5 Tips Investasi Saham untuk Pemula

Haidiva.com-Saat ini investasi saham makin digemari kaum milenial. Berdasarkan data Bursa Efek Indonesia, jumlah investor hingga akhir 2020 meningkat 42% dibanding akhir 2019. Namun para milenial tersebut belum mempunyai pemahaman yang cukup tentang pasar modal karena masih pemula. Buat kamu investor pemula atau yang baru mau memulai investasi saham, ada baiknya simak 5 tips investasi saham untuk pemula.

1.Gunakan Uang Dingin

Kesiapan dana menjadi kunci dalam berinvestasi, termasuk investasi saham. Dalam berinvestasi, sebaiknya gunakan uang dingin, atau uang yang tidak gunakan. Jangan pernah gunakan dana daruratmu atau bahkan berutang untuk investasi.

Baca Juga: Dana Darurat Penting & Wajib Punya

2.Pilih Saham yang Familiar

Masih bingung menentukan saham yang akan dibeli? Kamu bisa memilih saham yang familiar atau kamu kenal di kehidupan sehari-hari. Contohnya saja, jika kamu pegawai bank, maka mulailah membeli saham – saham perbankan. Hal ini sangat penting karena kamu akan mengerti industri atau pun bisnisnya.

3.Telusuri Kinerja Perusahaan

Investor pemula sangat disarankan mengetahui kinerja perusahaan yang akan dibeli sahamnya. Seperti apa profil perusahaan dan prospeknya ke depan. Hal itu bisa diketahui dari laporan keuangan perusahaan yang ada di situs Bursa Efek Indonesia (BEI).

Baca Juga: Belajar Risiko Investasi Saham dari Film Korea dan Hollywood

4.Gabung Komunitas Saham

Untuk investor pemula sebaiknya mulai bergabunglah dengan komunitas saham. Dengan bergabung komunitas yang beranggotakan orang-orang yang tertarik untuk investasi saham, akan lebih memudahkan investor pemula untuk belajar dan mengetahui langsung dari orang-orang yang berpengalaman.

5.Rekomendasi Jangan Ditelan Mentah-mentah

Saat ini, banyak influencer yang memberikan rekomendasi saham di media sosial. Jangan serta merta percaya rekomendasi saham yang diberikan. Sebaiknya kamu mulai belajar melakukan analisis saham sendiri.

Baca Juga: Nasihat Keuangan 2021, Agar Hidupmu Lebih Baik

Spread the love