081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

7 Cara Atasi Smartphone Lemot

7 Cara Atasi Smartphone Lemot

Haidiva.com-Smartphone sudah tak lepas dari kehidupan kita sehari-hari. Mulai dari mengerjakan tugas, belanja online, nonton siaran streaming, hingga update media sosial. Namun tak selamanya kinerja smartphone selalu lancar. Ada kalanya smartphone menjadi lemot dan mengganggu pekerjaanmu. Tak perlu khawatir, karena ada beberapa cara untuk mengatasi smartphonemu yang lemot.

1.Hindari Menyimpan Banyak Data

Setiap smartphone dibekali dengan spesifikasi memori yang berbeda. Selain RAM, kapasitas memori internal juga mempengaruhi performa smartphonemu. Saat memori internal yang tersedia tinggal sedikit, maka smartphonemu akan menjadi lemot. Maka dari itu, untuk mengatasi smartphonemu lemot, sebaiknya hindari menyimpan banyak data hingga memenuhi memori internal.

2.Gunakan Fitur Auto Kill

Fitur auto kill biasanya sudah disediakan oleh beberapa vendor smartphone. Fungsinya yaitu untuk mencegah aplikasi tertentu agar tidak berjalan secara otomatis di background. Namun sayangnya tidak semua jenis smartphone yang menyediakan fitur ini. Untuk itu kamu perlu menginstal aplikasi auto kill di Play Store.

3.Selalu Update Software

Setiap ada pemberitahuan update software, segera lakukan update. Hal ini bertujuan untuk segera memperbaiki masalah yang mungkin dibawa oleh sistem sebelumnya. Meski kadang ditemui kenyataan bahwa setelah update justru semakin buruk, namun pihak developer pasti tidak akan diam saja jika memang ditemui ada masalah pada sistemnya.

4.Kurangi Penggunaan Widget dan Animasi

Salah satu penyebab smartphone lemot adalah penggunaan animasi dan widget secara berlebihan. Animasi yang dimaksud adalah live wallpaper atau wallpaper bergerak. Memang sih dapat memperindah tampilan layar android. Tapi penggunaan live wallpaper akan menguras banyak RAM. Begitu juga dengan widget, gunakanlah widget yang diperlukan saja seperti jam, kalender, dan beberapa widget ringan lainnya agar smartphone tidak lemot.

5.Hapus Aplikasi Yang Tidak Terpakai

Semakin banyaknya aplikasi baru di selalu menarik untuk dicoba. Tanpa kamu sadari, banyak aplikasi yang hanya menarik di awal saja atau bahkan ternyata memiliki fungsi yang sama dengan aplikasi yang kita pasang sebelumnya. Dampaknya, ruang penyimpanan di smartphone kamu menjadi tersita oleh aplikasi yang sebenarnya tidak berguna. Maka untuk menjaga agar smartphone kamu tetap cepat, hapus aplikasi yang tidak terpakai.

6. Bersihkan Cache Data

Cache adalah tempat menyimpan data sementara dari aplikasi yang sedang atau pernah kamu gunakan. Dengan adanya cache di smartphone, kamu akan dengan cepat membuka aplikasi yang sebelumnya pernah digunakan. Namun, dibalik manfaatnya tersebut, cache yang dibiarkan menumpuk akan membuat smartphone kamu menjadi lemot.

7. Lakukan Factory Reset

Mungkin beberapa di antara kamu sudah sering melakukan Factory Reset. Bisa jadi kamu melakukannya hanya karena adanya masalah pada smartphone kamu. Padahal Factory Reset ini sangat direkomendasikan untuk dilakukan secara berkala. Hal ini bertujuan untuk membersihkan semua yang menumpuk pada smartphone kamu.

Baca Juga: Rekomendasi Smartphone dengan Kamera Selfie Terbaik

Spread the love