Sosok Dewi Sartika yang Tak Kenal Lelah dan Putus Asa

Sosok Dewi Sartika yang Tak Kenal Lelah dan Putus Asa

Haidiva.com- Dewi Sartika, siapa yang tak mengenali sosok seorang dewi? Beliau adalah perempuan hebat dan penuh inspirasi. Beliau salah satu perempuan yang rela mati-matian membela hak perempuan dalam penyamarataan pendidikan dan pekerjaan.

Dewi Sartika mendirikan sekolah khusus perempuan bernama Sekolah Istri di Pendopo Kabupaten Bandung pada tahun 1904. Kurang dari sepuluh tahun, sekolah sekolah ini telah berkembang menjadi sembilan sekolah yang tersebar di berbagai daerah Jawa Barat. 

Bukan atas dasar ingin menyaingi laki-laki atau hanya ingin terlihat keren di mata dunia, namun Dewi melakukan semua atas dasar karena ingin perempuan lebih maju dalam berpikir dan bertindak. Tujuannya agar perempuan bisa menjadi sosok yang lebih baik dan memiliki bekal ilmu pengetahuan yang berkualitas supaya mendidik anak-anak dan menjaga keluarganya.

Patutlah kita menghargai jasa beliau. Karena mengubah argumen pemikiran tidak semudah membalikkan telapak tangan, butuh perjuangan bahkan pengorbanan. Untuk itu sudah sepatutnya kita meneruskan tujuan beliau yang sangat mulia. Dengan cara tidak pernah malas dalam menuntut ilmu, tidak pernah lelah dengan hidup yang memang tidak mudah dan tidak mudah putus asa ketika ujian datang menempa hidup.

Nah, yang jadi pertanyaan saat ini adalah masih adakah jiwa-jiwa sosok Dewi pada masa sekarang? Yang tak kenal putus asa dan menyerah? Meski jiwa terkadang lelah dan diam ingin menyerah saja. Adakah sosok di masa kini yang ingin memajukan pendidikan dan kemajuan dalam berpikir untuk generasi-generasi milenial?

Seperti yang kita tahu, zaman sekarang sangat lah sulit mendidik anak-anak, karena mereka telah berubah cara pandang akibat kemajuan zaman yang memang tidak dapat dihindarkan. Cara berpikir anak-anak telah dipengaruhi kecanggihan teknologi yang modern. Maka lebih sulit mendidik anak-anak di masa saat ini.

Lihat lah dan rasakan di luar sana banyak sosok perempuan yang sedang berjuang dalam menjalani hidup yang semakin berat. Mereka tidak pernah lelah dalam menjalani hidup dan memberikan arti dalam hidup ini. Banyak perempuan yang sedang berjuang mencerdaskan kehidupan bangsa dengan cara mendidik anak-anak pada zaman serba canggih seperti sekarang. Itu tidak mudah butuh perjuangan bahkan pengorbanan.

Kamu harus jadi Dewi Sartika selanjutnya yang berupaya melakukan hal terbaik demi masa depan dan demi keluarga. Semangat selalu para dewi di Indonesia. Jangan lelah belajar dan jangan lelah bekerja untuk keluarga!**

Penulis: Sandika Wandara

Peserta kompetisi “Lomba Menulis Artikel dengan Tema Strong Women” yang diadakan Haidiva.com dalam memperingati Hari Ibu.

Spread the love