081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Simak 10 Karakter Khadijah yang Wajib Ditiru

Simak 10 Karakter Khadijah yang Wajib Ditiru

Haidiva.com-Haruskah kusisipkan nama Khadijah disamping namaku, untuk membuktikan kecintaanku padamu, duhai Ibunda? Haruskah kucari suami dengan nama Muhammad, untuk menunjukkan keteladananku pada sosokmu yang sungguh beruntung?

Ya, impian untuk bisa meneladani ibunda Khadijah RA adalah harapan kebanyakan muslimah masa kini. Tak cukup sekadar nama yang sama persis dengannya namun memerlukan tekad dan perjuangan tiada batas agar bisa mengikuti jejaknya menjadi Strong Bussines Woman yang sukses dalam segala hal.

Maka simak yuk ulasan singkat tentang 10 karakter yang wajib ditiru, sebagai langkah kita untuk merealisasikan mimpi menjadi ‘Khadijah Masa Kini’ yang dicintai suaminya sekaligus mengagumkan di mata Allah;

Mandiri

Selain mandiri mengurus rumahnya, Khadijah juga mandiri dalam hal finansial. Bagiku, seorang perempuan merupakan pejuang di balik layar. Ketika ia terbiasa mandiri dalam segala hal, keadaan tentu akan jauh lebih baik. Banyak penelitian yang membuktikan bahwa perempuanyang produktif kesehariannya mampu menghasilkan generasi yang lebih matang jiwa kemandiriannya.

Tahan Banting

Khadijah pantang menyerah pada segala kondisi apalagi ketika sedang menghadapi berbagai kegagalan yang seringkali menghampiri. Ia sudah mendapatkan hasil yang manis dari panjangnya perjalanan kerja keras yang dijalaninya. Oleh karenanya, jangan lekas merasa puas pada hasil yang didapat. Semakin besar keinginan untuk memaksimalkan potensi diri, semakin kebal juga jatuh bangunnya.

Sabar

Ulet dan juga konsisten adalah kunci utama Khadijah dalam meraih kesuksesan. Dengan tekun, kerja keras dan diimbangi dengan kesabaran terbukti mampu melahirkan jiwa-jiwa yang tangguh kepribadiannya. Bersabar pada segala ujian, dan juga bersabar menikmati segala proses juangnya yang berliku.

Penuh Semangat

Dalam meneladani sang Khadijah, jiwa mentalitas yang kuat dan penuh antusias akan terlihat semakin jelas saat sedang diuji. Apakah motivasi dirinya yang dulu ada begitu mudahnya terhapus, ataukah masih membara tertancap di hati?

Rendah Hati

Tidak sombong dan baik hati juga merupakan karakteristik yang selayaknya menyatu padu, terpatri dalam keseharian kita. Dalam prosesnya seringkali kita terlena saat sedang berjaya, lantas menyombongkan diri dan menganggap rendah selainnya. Bukan tidak mungkin, secara tidak sadar, jurang kehancuran bagi diri sendiri terpampang di depan mata.

Dermawan

Mereka yang selalu mensyukuri setiap anugerah yang telah didapatkan, dengan mudahnya jiwa sosialnya ikut tergerak. Dengan menyalurkan hobinya yang gemar bersedekah sekecil apapun, tidak akan mengurangi sedikitpun jatah rezekinya. Kebaikannya akan terus berlipat menjadi ladang amal yang siap dipanen kapan saja. Ini merupakan teladan langsung dari Ibunda Khadijah yang masih membekas hingga kini.

Jujur

Berani bertanggung jawab pada pilihan hati, mengutamakan sifat jujur dalam tingkah ucapannya adalah ciri khasnya Khadijah. Terbuka pada diri sendiri, siap mengutarakan hal pahit sekalipun dengan sepenuh hati. Merekalah sesungguhnya mutiara yang takkan pernah hilang kilau indahnya sepanjang masa. Karena sifat inilah pasangan Siti Khadijah dan Nabi Muhammad dipertemukan dan dipersatukan.

Taat

Menurut saya, di antara karakter yang tentu tidak akan mudah namun hendaknya ditiru semua istri adalah taat kepada Allah. Taat pada Allah adalah taat pada nilai kebaikan itu sendiri. Khadijah taat kepada suami dalam hal kebaikan. Istri dilarang taat kepada suami dalam hal maksiat, bukan menolak taat kepada suami melainkan menolak kepada maksiat. Sebaliknya, suami hendaknya taat mengikuti istri jika mengajak kebaikan, bukan taan kepada istri melainkan kepada kebaikan. Sejatinya, konsep ketaatan mutlak istri pada suami sesungguhnya bertentangan dengan ajaran tauhid yang melarang manusia memberikan ketaatan mutlak kepada selain Tuhannya.

Setia

Khadijah selalu mendampingi suaminya dalam suka maupun duka, merekalah permata dunia yang paling indah. Dukungan yang diberikannya akan menguatkan hati suaminya yang mungkin sedang terpuruk. Maka jangan heran bila pepatah menyebutkan, dibalik lelaki sukses selalu ada perempuandibelakangnya.

Penyayang

Penuh cinta, kasih sayang dan lemah lembut adalah sifat alamiah para feminin sekuat apapun dia. Tunjukkanlah itu pada orang-orang terdekat, niscaya kaupun disanjung dan dihormati. Sedangkan sifat kasar, pemarah dan banyak hal negatif yang keluar dari mulut laki-laki maupun perempuan adalah keburukan yang harus segera dikubur dalam.

Demikianlah, di antara sifat dan karakteristik Khadijah yang layak diteladani oleh seluruh muslimah dan perempuan di manapun mereka berada. Jangan mudah berputus asa ketika terjatuh pada kebiasaan lama yang seringkali dilakukan secara spontanitas. Teruslah memperbaiki diri dan berbenah sepanjang hari, ukirlah kenangan terbaik untuk generasi setelahmu seperti halnya kita tercinta, Khadijah. Tetap bersemangat melanjutkan cita menjadi Khadijah Masa Kini yang didambakan dan dibutuhkan umat. Salam Strong Woman!

Penulis: Bintu Zen

Peserta kompetisi “Lomba Menulis Artikel dengan Tema Strong Women” yang diadakan Haidiva.com dalam memperingati Hari Ibu.

Spread the love

One thought on “Simak 10 Karakter Khadijah yang Wajib Ditiru

  1. Aisyah, Perempuan yang Tak Sekadar Rupawan
    May 18, 2020 at 12:19 pm

    […] Baca: Sifat Khadijah yang Wajib Ditiru […]

Comments are closed.