081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Serajin Olah Raga Seperti Ashraf Sinclair Masih Terkena Serangan Jantung, Mengapa?

Serajin Olah Raga Seperti Ashraf Sinclair Masih Terkena Serangan Jantung, Mengapa?

Haidiva.com-Ashraf Sinclair, aktor asal Malaysia, suami dari penyanyi Bunga Citra Lestari (BCL) meninggal dunia pada pagi ini, 18 Februari 2020. Ashraf meninggal dunia setelah mengalami serangan jantung.

Ashraf dikenal sebagai sosok yang rajin berolah raga. Dikutip dari Tabloid Bintang, Ashraf rajin pergi ke pusat kebugaran alias gym dan rutin meditasi setiap pagi agar lebih tenang. Namun malang tak dapat ditolak, Ashraf tak luput dari serangan jantung.

Masih muda dan rajin olah raga nyatanya tak menjamin bebas dari serangan jantun. Menurut dokter jantung Rumah Sakit Universitas Indonesia dr. Ratih Febriani, dikutip dari Kompas.com pada 2019 yang lalu, usia penderita serangan jantung kini kian muda. Penyebabnya, pola konsumsi masyarakat yang berubah.

instagram.com/ashrafsinclair

“Makanan dan minuman manis yang berlebihan bisa menambah risiko seseorang terkena penyakit jantung,” kata Dokter Ratih.

Kondisi terlihat bugar dan rajin berolah raga belum tentu bebas dari penyakit jantung. Satu-satunya cara memastikan kamu terbebas dari penyakit jantung, yakni dengan rutin melakukan pemeriksaan kesehatan atau medical check-up (MCU).

MCU bisa mendeteksi faktor risiko seperti kolestrol, gula darah dan tekanan darah. Ketiga faktor ini selalu menjadi biang kerok penyumbatan pembuluh darah yang berujung pada serangan jantung.

Sedikit kabar positif, perempuan lebih sedikit terkena penyakit jantung dibandingkan laki laki. Penyebabnya karena perempuan mengalami menstruasi setiap bulan. Hormon estrogen yang mempengaruhi siklus menstruasi ternyata bersifat protektif terhadap pembuluh darah.

Nah Diva, meski risiko lebih rendah daripada laki laki, bukan berarti kamu abai dengan kesehatanmu. Tetaplah rajin berolah raga, mengonsumsi gizi seimbang, dan istirahat cukup agar tetap sehat.**

Spread the love