081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Selain Alienoid, Akting Keren Yum Jungah di Film dan Drakor

Selain Alienoid, Akting Keren Yum Jungah di Film dan Drakor

Haidiva.com-Film Korea Alienoid tayang di Indonesia akhir Juli ini. Sejumlah aktor dan aktris ternama muncul seperti Kim Taeri, Ryu Junyeol, Kim Woobin, Lee Hanee, So Jisub, Yum Jungah, dan masih banyak lagi.

Meski scene Yum Jungah tak terlalu banyak, kemunculan aktris senior ini mencuri perhatian penonton. Ia tampil kocak dan mengundang tawa di Alienoid. Padahal selama ini, Yum Jungah dikenal tampil serius, baik berakting sebagai orang kaya raya maupun buruh kerah biru.

Rentang peran Yum Jungah memang beragam di film dan drama. Ia pernah jadi ibu negara Korea yang anggun, ibu kaya raya ambisius, penipu cantik, ibu tiri sadis, istri sah yang menerima suaminya kembali setelah direbut pelakor, bahkan cleaning service labil.

Banyak penghargaan yang diraih mantan Miss Korea dan Runner Up Miss International ini, sering menang di Baeksang dan sejumlah penghargaan bergengsi lainnya. Berikut ini, sejumlah drama Korea dan film yang menampilkan akting keren Yum Jungah.

Ibu Tiri Sadis di A Tale of Two Sisters

A Tale of Two Sisters berkisah tentang Bae Sumi (Im Soo Jung) yang pulang dari rumah sakit jiwa. Ia dijemput oleh adiknya Bae Suyeon (Moon Gaeun Young) dan ayahnya, Bae Moohyeon (Kim Kap Soo). Setelah ibunya meninggal, Sumi terguncang.

Baca juga: Deretan akting Kim Taeri, ini film dan dramanya

Saat pulang, ayahnya menikah lagi dengan mantan perawat ibunya yaitu Heo Eun Joo (Yum Jung Ah). Ia merasa ibu tirinya tidak menyukai dia dan adiknya, serta ingin menyingkirkan mereka. Sumi juga menduga Eunjoo lah yang membunuh ibunya bukan karena sakit keras.

Akting Yum Jung Ah di sini dingin dan sadis. Ia mampu memerankan ibu tiri yang hanya nampak baik ketika ada ayah saja. Berkat itu, Yum Jungah mendapatkan banyak penghargaan dari dalam dan luar negeri sebagai Bes Supporting Actress.

Penipu cantik di The Big Swindle

The Big Swindle menceritakan tentang sekelompok penipu yang ingin mencuri uang dari Bank Korea. Mereka tak hanya menyerang polisi dan pemerintah tetapi juga saling menikam dari belakang satu sama lain. Disutradarai Choi Donghoon, pemeran The Big Swindle adalag Park Shin Yang, Yum Jung Ah, dan Baek Yoon Sik.

Yum Jungah berperan sebagai penipu cantik yang juga pintar di film ini. Lagi-lagi, Yum Jungah menang sebagai Best Supporting Actress pada Blue Dragon Film Awards 2004.

Ibu guru pedesaan di The Old Garden

The Old Garden berskisah tentang aktivis mahasiswa anti-pemerintah, Hyun Woo (Ji Jin He) yang bersembunyi di sebuah desa terpencil. Setelah pemberontakan Gwangju, Hyungwoo dikejar-kejar aparat militer. Saat bersembunyi, ia bertemu dengan Han Yun Hee (Yum Jungah), guru muda yang sederhana dan simpati dengan perlawanan mahasiswa. Han Yun Hee ternyata mantan aktivis.

Baca juga: Jadi istri diselingkuhi, peran Yum Jung-ah di Another Child

Mereka jatuh cinta, dan Yunhee dengan sabar merawat kekasihnya. Saat mendengar banyak temannya di kota yang ditangkap aparat, ia dilema kembali ke medan perjuangan sebagai aktivis di kota atau menemani Hyunwoo.

Yum Jungah mendapatkan penghargaan pertama di Baeksang Arts Awards sebagai Best Actress di film ini. Aktingnya tang terlihat lembut ternyata menyembunyikan kekuatan hati banyak dipuji penonton.

Buruh kontrak dan ibu tunggal di Cart

Apa yang kamu lakukan ketika menjadi ibu tunggal yang terancam dipecat? Itulah premis yang ada di film Cart. Berkisah tentang Sunhee (Yum Jung Ah) yang telah bekerja keras sebagai kasir dengan harapan diangkat menjadi pegawai tetap. Ia ingin anak-anaknya bisa sekolah dan hidup layak.

Namun ternyata salah. Ia malah diancam dipecat. Sunhee kemudian mengorganisir sesama buruh kontrak dan berjuang agar mereka tak dipecat. Menghadapi perusahaan yang eksploitatif dan manipulatif tentu tak semudah itu.

Lewat Cart, Yum Jung Ah mendapatkan Baeksang keduanya sebagai Best Actress. Ia juga menang dan dinominasikan di ajang penghargaan lain atas perannya sebagai Sunhee.

Baca juga: Bikin emosi tapi dinanti, drama korea makjang

Ibu kaya ambisius di Sky Castle

Siapa yang belum nonton Sky Castle? Drama Korea ini menjadi kritik tajam sistem pendidikan di Korea. Banyak orang tua Korea yang menginginkan anak-anaknya diterima di tiga universitas terbaik yaitu Seoul University, Korea University, dan Yonsei Universitas.

Hal itulah yang terjadi di perumahan elit bernama Sky Castle. Han Seo Jin (Yum Jung Ah) sangat menginginkan putrinya Yeseo (Kim Hyeyeon) diterima di jurusan Kedokteran Seoul University. Ia menghalal berbagai cara, salah satunya dengan menyewa tutor Kim Jooyoung (Kim Seohyung) yang menjamin anaknya lolos.

Namun ternyata kelompok tutor ini mempunyai cara ilegal. Begitu pula dengan warga Sky Castle yang ternyata punya masalah masing-masing terkait pendidikan anak. Berkat aktingnya sebagai ibu kaya raya yang ambisius, Yum Jungah kembali menang Baeksang Best Actress tapi kali ini dari drama Korea.

Spread the love