Ragam Nasi Pecel Asal Jawa Timur

Ragam Nasi Pecel Asal Jawa Timur

Haidiva.com-Vegatable salad with peanut sauce alias pecel. Makanan khas ini mudah ditemukan di pelosok Indonesia, terutama Pulau Jawa. Makanan ini terdiri dari aneka ragam sayuran dengan tempe atau tahu goreng kemudian disiram saus kacang pedas dan kental. Semakin nikmat bila makan nasi pecel bersama rempeyek atau gendar alias kerupuk puli yang terbuat dari nasi.

Uniknya, ada ciri khas yang membedakan satu sama lain meski semuanya bernama pecel. Tak terkecuali nasi pecel yang ada di Jawa Timur.

Pecel Pincuk Madiun

Ciri khas pecel Madiun dibandingkan nasi pecel Jawa Timur lainnya adalah disajikan di atas daun pisang yang dilipat segi tiga alias pincuk. Sambal kacang di pecel Madiun ini beraroma kuat jeruk purut. Produk modifikasi dari pecel Madiun adalah lempeng gapit yaitu sayur pecel yang disajikan dengan dijepit kerupuk puli, persis seperti cara makan sandwich.

Baca juga: Oleh-Oleh Khas Jawa Timur

Pecel Lentho Ponorogo

Menu khas dari nasi pecel Ponorogo adalah disajikan bersama lentho. Gorengan ini terbuat dari kacang dicampur tepung, parutan singkong, kunyit, cabe, bawang, dan garam. Bentuknya bulat dan rasanya gurih campur pedas.

Pecel Tumpang Kediri

Nasi pecel Kediri khasnya adalah dicampur dengan sambal tumpang yang terbuat dari tempe yang over fermentasi. Rasanya perpaduan manis, asam, dan pedas. Tambah nikmat lagi bila dimakan bareng telur dadar daun bawang.

Pecel Punten Tulung Agung-Blitar

Bila biasanya pecel dimakan bersama nasi, tapi masyarakat Tulung Agung dan Blitar familiar dengan punten. Punten adalah semacam lontong atau ketupat yang dibuat dari beras campur santan. Rasanya gurih sekaligus mengenyangkan.

Baca juga: Bebek goreng Surabaya yang wajib kamu coba

Pecel Semanggi Surabaya

Perbedaanya dengan pecel lain tak hanya ada pada sayurnya yang menggunakan semanggi tapi juga pada saus atau dressing-nya. Alih-alih menggunakan saus kacang, pecel semanggi menggunakan tumbukan ubi dan petis. Rasanya tentu manis campur gurih. Cara makannya menggunakan kerupuk puli yang dijadikan sendok.** 

Spread the love