081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Ragam Kuliner Mie Nusantara yang Wajib Kamu Coba

Ragam Kuliner Mie Nusantara yang Wajib Kamu Coba

Haidiva.com-Indonesia terkenal akan keragaman budayanya, begitu juga dengan keragaman kuliner. Hampir setiap daerah di Indonesia memiliki makanan khas yang menggoda selera. Salah satunya adalah olahan berbahan dasar mie. Selain nasi, mie memang merupakan makanan pokok yang banyak disukai pecinta kuliner. Berikut ragam kuliner mie Nusantara yang wajib kamu coba.

1. Mie Aceh

Olahan mie menggugah selera satu ini berasal dari Nagroe Aceh Darussalam, Mie Aceh dapat disajikan dengan dua cara umumnya, yakni dengan digoreng atau direbus. Berbahan dasar mie kuning besar, Mie Aceh ini biasa juga disajikan dengan daging ayam, sapi, atau seafood lainnya. Yang khas pada Mie Aceh ini terdapat pada rasa tajam bumbu rempah-rempahnya. Umumnya, Mie Aceh disajikan dengan taburan kerupuk emping, timun, bawang merah goreng dan juga jeruk nipis.

2. Mie Celor Palembang

Mie Celor Palembang biasa disajikan dengan kuah santan gurih dan kaldu udang kering, dan tidak lupa taoge, irisan telor rebus, seledri, daun bawang goreng sebagai pelengkap hidangan ini. Olahan mie satu ini memiliki ukuran yang besar sehingga kamu seakan merasakan makan Udon Jepang saat makan Mie Celor ini.

3. Mie Kocok Bandung

Berisikan Mie kuning, taoge, kikil sapi, serta kuah kaldu sapi yang kental merupakan ciri dari Mie Kocok Bandung. Banyak penjual di pinggir jalan yang menjajakan mie khas Bandung ini, sehingga kamu bisa dengan mudah menemukan pedagang mie kocok.

4. Mie Ongklok Wonosobo

Tak hanya namanya yang unik, komposisi hidangan mie ini juga unik. Kuah yang terbuat dari tepung kanji membuat mie ongklok berbeda dari mie lainnya. Selain mie, kuah yang terbuat dari tepung kanji, mie ongklok biasanya disajikan dengan potongan kubis, daun kucai, potongan cabai rawit, dan juga bawang goreng. Untuk menambah kenikmatan menikmati mie ongklok, kamu bisa memakannya dengan tempe kemul khas Wonosobo dan sate ayam.

Baca Juga: Rekomendasi Kuliner Khas Madura, yang Wajib Kamu Coba

5. Mie Jawa

Keunikan pada Mie Jawa ini adalah dimasak di atas tungku tanah liat (anglo) dan api arang. Biasanya ada penambahan suwiran daging ayam kampung dan telur bebek ke dalam masakan. Meskipun banyak pembeli yang memesan, juru masak tidak memasak semua pesanan dalam satu wajan besar, melainkan bahan dan bumbu diracik satu per satu. Pesanan dimasak satu porsi demi satu porsi di dalam wajan kecil.

6. Mie Tiaw Pontianak

Beralih ke Kalimantan, Pontianak juga cukup terkenal dengan menu olahan mienya, yaitu Mie Tiaw Pontianak. olahan mie ini termasuk dalam olahan mie campuran dua kebudayaan, yaitu kebudayaan Cina dan kebudayaan Indonesia. Terdapat dua variasi dalam Mie Tiaw ini, yaitu Mie Tiaw Siram dan Mie Tiaw Goreng. Hidangan ini dibuat dengan bahan utama mie tiaw yang ditumis dalam minyak goreng dengan bawang putih dan bawang merah, daging sapi, daging ayam, udang goreng, kepiting atau irisan bakso, cabai, sawi putih, sawi, tomat, telur, dan sayuran lainnya yang ditambah dengan penggunaan kecap manis yang cukup banyak.

7. Mie Titi Makasar

Memiliki ciri khas berupa mie kering dan perpaduan dengan kuah kental yang khas dicampur dengan udang, irisan bakso, ayam dan sayuran. Kuah kental Mie Titi dibuat dari perpaduan air, telur, dan tepung kanji. Untuk mendapatkan cita rasa gurih, kombinasi merica dan bawang putih dijadikan sebagai bumbu penyedap. Mie khas Makassar ini lebih nikmat bila disantap dengan sambel khasnya.

8. Mie Cakalang Manado

Mie dengan aroma ikan cakalang yang kuat ini biasa disajikan dengan bumbu-bumbu yang antara lain terdiri dari bawang merah, dan daun bawang. Irisan daging ikan cakalang yang disajikan diatas mie menjadikan mie ini terasa nikmat saat mencicipinya. Mie Cakalang tersaji dengan kuah bening dengan sedikit merica yang memberikan nuansa rasa sedikit pedas di lidah.  

Baca Juga: Rekomendasi Tahu Campur Enak di Surabaya

Spread the love