081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Film Karya Sutradara Perempuan, Nominator Golden Globes ke-78

Film Karya Sutradara Perempuan, Nominator Golden Globes ke-78

Haidiva.com-Untuk pertama kalinya, perempuan mendominasi daftar nominasi sutradara terbaik di Golden Globes ke-78. Dikutip dari Reuters, tiga dari lima sutradara yang menjadi nominator adalah perempuan. Mereka adalah Regina King untuk film One Night in Miami, Emerald Fennel untuk film Promising Young Woman, dan sutradara kelahiran Cina Chloe Zhao untuk Nomadland.

Zhao menjadi sutradara perempuan berdarah asia pertama yang menjadi nominator sutradara terbaik di Golden Globes ke-78 yang akan digelar 28 Februari 2021. Sedangkan sutradara laki-laki yang dinominasikan adalah David Fincher untuk Mank dan Aaron Sorkin untuk Trial of Chicago 7.

Baca juga: Review Film On The Basis of Sex, Perjuangan Perempuan Lawan Diskriminasi Gender

Film yang disutradari oleh para perempuan ini mengambil pembabakan dan kisah yang beragam. Berikuti sinopsisnya.

One Night in Miami

Poster One Night in Miami (Getty Images)

One Night in Miami adalah film drama Amerika tahun 2020 tentang pertemuan fiksi Malcolm X (Kingsley Ben-Adir), Muhammad Ali (Eli Goree), Jim Brown (Aldis Hodge), dan Sam Cooke (Leslie Odom Jr) di sebuah kamar di Hampton House pada Februari 1964. Mereka merayakan kemenangan mengejutkan Ali atas Sonny Liston.

Perayaan ini setelah mereka berhasil mengatasi masalah di kehidupan masing-masing. Pertemuan itu sempat diwarnai perdebatan antara Malcom X dan Cooke. Malcom berpikir Cooke telah menjual komunitas kulit hitam dengan menjadi kaki tangan bagi orang kulit putih. Tentu saja Cooke membantahnya.

Casius Clay, nama Muhammad Ali sebelum pindah agama, memberi tahu orang-orang tentang rencananya untuk mengumumkan kepada publik mengenai gama barunya. Ia khawatir hal itu menyebabkan masalah baru. Sedangkan Brown membahas rencananya untuk menjadi aktor film. Ia khawatir semuanya tak berjalan lancar.

Baca juga: Serial Netflix tentang perempuan kuat

One Night ini Miami menuai kritik positif dari penggemar film. Owen Gleiberman dari Variety memuji ide dan karakter di film yang masih relevan hingga sekarang. Kisah tentang orang-orang yang sukses namun masih khawatir dengan masa depan.

Promising Young Woman

Film Pomising Young Woman merupakan kolaborasi apik banyak perempuan depan maupun belakang layar

Film ini ditayangkan di Netflix. Kisahnya tentang Cassie Thomas (Carey Mulligan), perempuan muda berbakat yang cita-citanya kandas karena sebuah peristiwa misterius. Ia terpaksa keluar dari pendidikan dokter karena memilih merawat sahabatnya yang korban perkosaan. Temannya itu kemudian tak berhasil diselamatkan.

Tapi, Cassie ternyata bukan orang sembarangan. Dia ternyata orang yang sangat pintar, licik, dan menjalani kehidupan ganda rahasia di malam hari. Hingga suatu ketika, sebuah pertemuan tak terduga akan memberi Cassie kesempatan untuk memperbaiki kesalahan masa lalu.

Naskah film ini telah digodok sejak tahun 2017. Tak hanya Emerald Fennell, aktris Hollywood Margot Robie terlibat dalam pembuatan film sebagai produser. Lewat rumah produksi LuckyChap Entertainment, Margot Robie mulai produksinya pada tahun 2019.

Baca juga: Fakta menarik tentang film Enola Holmes, adik Sherlock Holmes

Nomadland

Francer McDorman jadi tokoh uatama sekaligus produser di film Nomadland

Film ini berdasarkan buku non-fiksi berjudul Nomadland: Surviving America in the Twenty-First Century karya Jessica Bruder. Kisahnya tentang seorang perempuan bernama Fern (Frances McDorman) yang meninggalkan kota kecilnya untuk melakukan perjalanan keliling Amerika Barat.

Fern berkelana setelah suaminya meninggal dan setelah kehilangan pekerjaan. Ia bertemu dengan sesama pengembara dan berusaha menemukan arti hidup sepanjang perjalanan. Frances McDorman sendiri selain sebagai tokoh utama juga menjadi produser dalam film Nomadland.

Spread the love