Pukau Mata dengan Liburan ke Pulau

Pukau Mata dengan Liburan ke Pulau

Haidiva.com-Korea Selatan punya Pulau Jeju. Keindahan pantai dan laut bisa dijelajahi di Maladewa. Thailand punya Phuket. Ada Kepulauaan Hawai milik Amerika Serikat yang memikat. Nyatanya, Indonesia juga banyak pilihan pulau yang bisa dijelajahi.

Haidiva akan memilihkan pulau yang nyaman dikunjungi untuk rehat sejenak dari kesibukan kota. Semuanya punya tiga ciri yakni suasana tenang, pemandangan indah, sarat budaya atau sejarah. Tak lupa, Haidiva sertakan tips bila ingin plesir ke pulau-pulau tersebut.

Kepulauan Banda di Maluku

reyginawisataindonesia.blogspot.com

Kepulauan Banda terdiri dari sebelas pulau. Banda menjadi pusat rempah-rempah sehingga diperebutkan oleh Belanda dan Inggris. Tak heran, kepulauan ini sarat dengan nilai sejarah dan budaya. Rumah kuno, benteng tua, dan kediaman Sutan Syahrir dan Bung Hatta sewaktu diasingkan juga ada di sini.

Uniknya saat liburan ke pulau, kamu bisa menemukan banyak keindahan mulai dari pantai, kebun, hingga gunung karena bentang alam Banda yang beragam. Tips liburan, pastikan kamu sudah mendapatkan moda transportasi penyeberangan dari Ambon ke Kepulauan Banda begitu pula sebaliknya.

Kepulauan Karimun Jawa di Jepara

hariliburnasional.com

Terletak di Laut Jawa, Pulau Karimun Jawa menarik untuk dikunjungi untuk menyepi namun mudah disinggahi. Ada banyak pantai, goa, dan bukit yang bisa dinikmati. Saat liburan ke pulau, kamu juga bisa berenang bersama penyu dan bayi hiu  yang sengaja ditangkarkan.

Tips berkunjung ke sana, rajin memeriksa ramalan cuaca. Hindari menyeberang saat hujan dan badai.

Kepulauan Mentawai di Sumatera Barat

bayubara.com

Kepulauan ini menjadi surga selancar tingkat dunia dan menarik ke pulau. Bagi kamu yang tak bisa berselancar, wisata lain seperti menyelam, jelajah pulau, atau sekadar menikmati keindahan pantai bisa kamu lakukan.

Bagi kamu peselancar, ada beberapa titik yang sengaja dirahasiakan agar tetap eksklusif dan tak ramai dikunjungi. Tipsnya adalah solo traveler dan pilih warga asli Mentawai sebagai tour guide untuk menikmati spot tersembunyi.

Pulau Komodo di Nusa Tenggara Timur

ksmtour.com

Di sini, hewan komodo bisa berkembang biak dengan baik. Total ada 2500 komodo di Pulau Komodo dan pulau-pulau kecil sekitarnya. Selain Komodo, bentang alam yang indah dan eksotisme flora membuat pulau ini menjadi tujuan wisata yang menarik. Untuk menjaga kelestarian flora dan fauna di Pulau Komodo, pemerintah pusat menetapkan keanggotaan premium sekitar Rp 14 juta per tahun di 2020.

Sebelumnya, wisatawan lokal harus membayar Rp50.000 untuk memasuki pulau itu, sedangkan turis asing dikenakan biaya Rp150.000 hingga Rp225.000. Harga ini dianggap terlalu murah Fodor’s Travel karena mempengaruhi kelestarian habitat hewan purbakala ini. Tips wisata ke Pulau Komodo, tentu siapkan kocek yang lebih dalam.

Karena pulau-pulau ini memakan biaya yang sepadan dengan keindahan yang ditawarkan, wisatawan lokal yang berkunjung relatif lebih sedikit dibanding mancanegara. Persiapkan finansial yang cukup dan fisik bugar sebelum liburan menjelajah pulau-pulau tersebut. (ndr)

Spread the love

1 thought on “Pukau Mata dengan Liburan ke Pulau

Comments are closed.