081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Pilah Pilih Sekolah Terbaik untuk Anak

Pilah Pilih Sekolah Terbaik untuk Anak

Haidiva.com-Tahun ajaran baru memang enam bulan lagi. Tapi bagi orang tua yang mempunyai anak usia sekolah, akhir tahun digunakan untuk memilih sekolah terbaik bagi anak.

Sebelum memilih sekolah mana yang terbaik bagi anak, yuk simak aspek penilaian di bawah ini.

Kualitas

Guru dan kurikulum pendidikan yang dianut sekolah adalah ujung tombak pendidikan bagi anak. Jangan segan untuk menanyakan latar belakang pendidikan guru dan metode mengajar mereka. Sekolah yang baik bagi anak kita ialah yang membuka kesempatan orang tua untuk observasi.

Jenis Sekolah

Ada beberapa jenis sekolah yang ditawarkan lembaga pendidikan. Ada sekolah berbasis agama, sekolah negeri, sekolah alam, homescholling hingga sekolah seni. Sebelum menentukan memilih sekolah yang mana, pahami potensi dan bakat yang dimiliki anak. Jangan sampai mereka tertekan saat masuk ke sekolah yang tak sesuai karakternya.

Biaya

Biaya adalah pertimbangan yang mesti kita perhatikan saat memilih sekolah untuk anak. Mulai dari uang pangkal, SPP bulanan, biaya ekstrakurikuler. Ada tidaknya biaya antar-jemput, biaya makan sang, dan lain sebagainya. Sesuaikan dengan kemampuan karena kebutuhan keluarga itu tak hanya untuk sekolah anak.

Lokasi

Sekolah yang jaraknya tidak jauh tepat untuk anak usia TK dan SD. Tujuannya agar anak-anak tidak kelelahan saat berangkat atau pulang sekolah. Jarak sekolah yang tak jauh juga lebih menghemat waktu sehingga mereka bisa mempunyai waktu lebih untuk bermain atau mengembangkan bakat lain.

Fasilitas

Gunakan kesempatan observasi saat sekolah menggelar open house. Orang tua bisa memperhatikan sarana dan prasarana yang di sekolah termasuk suasana belajar mengajar. Lingkungan sekitar sekolah juga bisa dipantau. Miliki batas minimal fasilitas yang harus ada di sekolah.  

Ideologi

Kamu termasuk keluarga yang eksklusif atau inklusif? Nah ini juga patut dipertimbangkan. Ada beberapa sekolah atau guru yang hanya fokus pada agama atau suku tertentu meskipun itu adalah sekolah umum. Bagi keluarga yang eksklusif memang tak masalah. Tapi bagi orang tua yang menerapkan inklusivitas, anak pasti akan kebingungan karena nilai-nilai yang diajarkan berbeda antara rumah dan sekolah.

Semoga lima aspek ini membantumu memilih sekolah yang tepat bagi anak, sang buah hati. (ndr)

Spread the love

2 thoughts on “Pilah Pilih Sekolah Terbaik untuk Anak

  1. Inti Panduan Pembelajaran Tahun Ajaran Baru
    June 16, 2020 at 11:08 am

    […] Baca juga: Tips Memilih Sekolah yang Tepat untuk Buah Hati […]

  2. Unschooling, Alternatif Pendidikan Tanpa Sekolah Formal
    July 3, 2020 at 11:06 am

    […] Baca juga: Cara Memilih Sekolah Terbaik untuk Anak […]

Comments are closed.