081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Perempuan Tangguh Zaman “Now” Harusnya Seperti Ini

Perempuan Tangguh Zaman “Now” Harusnya Seperti Ini

Haidiva.com-Waktu berlalu begitu cepat, bukan? Zaman semakin berkembang, teknologi semakin canggih. Di zaman ini, semuanya serba ada, serba bisa, dan serba mudah. Kita sebagai perempuan dapat dengan mudah memperoleh apa yang kita inginkan, terutama jika terkait dengan hal kecantikan.

Yup, tentu saja, hampir semua perempuan tentu ingin terlihat cantik dan mengenakan pakaian indah, bukan? Namun, hidup di era yang serba maju seperti ini, kecantikan bukan lagi menjadi satu-satunya pegangan yang penting bagi perempuan. 

Sosok perempuan di zaman “now” tidak hanya lagi dipandang pada kecantikan paras dan tubuhnya saja. Mereka dituntut memiliki kualitas diri yang tangguh agar tetap bertahan dalam persaingan yang semakin kompetitif di zaman yang sangat berkembang seperti sekarang.

Setiap perempuan sukses, entah itu dalam hal pendidikan, karir maupun dalam rumah tangga harus memiliki karakter tangguh yang tidak mudah jatuh ketika menyelesaikan setiap persoalan yang datang silih berganti dalam kehidupannya.

Menjadi perempuan tangguh berarti memiliki kriteria yang bisa membuatnya lebih kuat, karena kepribadian itu terus berkembang dan bisa dibentuk. Sebagai perempuan, kamu harus bisa menjadi perempuan yang tangguh. Seperti apakah perempuan tangguh itu?  Yuk, dicek satu-satu!

Mandiri

Perempuan Tangguh tahu kapasitas dirinya, mereka tahu mana saja yang bisa dikerjakan sendiri, sehingga mereka mampu melakukan berbagai hal tanpa bantuan orang lain. Perempuan tangguh juga termasuk orang yang sudah tidak lagi bergantung pada orang tua, mereka tahu apa yang bisa dilakukannya sendiri sehingga tak menjadi beban bagi orang-orang di dekatnya.

Berani Mengambil Tanggung Jawab

Mengemban tanggung jawab atau kontribusi yang besar bukan hanya menjadi peran laki-laki saja. Perempuan juga bisa! Yup, perempuan tangguh dapat berani mengemban tanggung jawab, sebesar apapun itu. Steriotip yang berkembang di masyarakat menempatkan laki-laki lebih dominan dibandingkan perempuan, sehingga perempuan dianggap lemah untuk mengambil sebuah keputusan/ tanggung jawab. Namun, perempuan yang tangguh itu berani! Tidak pernah melarikan diri dari masa sulit dan menerima konsekuensi.

Cerdas

Kelak di masa yang akan datang, perempuan akan mengambil peran sebagai seorang istri dan seorang ibu bagi anak-anaknya. Maka perempuan tangguh itu harus menjadi perempuan cerdas yang dapat mendampingi pasangan dan membimbing anak-anak mereka. Perempuan tangguh yang cerdas mampu menerima kekurangan dan memaksimalkan kemampuan diri. Mereka pandai melihat dan menangkap peluang, mereka juga mudah adaptasi dan memiliki kecerdasan emosi yang tinggi sehingga dapat mengontrol emosi dengan baik.

Berpikir Positif

Berpikir positif merupakan salah satu hal yang paling dibutuhkan saat dalam keadaan yang sedang terhimpit. Perempuan tangguh selalu bisa berpikir positif dan mengambil pelajaran dari apa yang terjadi pada diri mereka. Mereka terkenal dewasa dan bijaksana dalam menyelesaikan masalah.

Pemaaf

Menjadi pemaaf  bukan berarti lemah. Sifat pemaaf sebenarnya malah akan membuat kita terbebas dari perasaan negatif seperti kebencian dan keinginan balas dendam. Menjadi pemaaf juga bukan berarti kalah, perempuan yang tangguh tahu apa yang menjadi prioritas masalah yang harus diselesaikan, dan dengan menjadi pemaaf mereka akan bisa menjaga hubungan baik dengan orang lain dan tetap bisa fokus terhadap prioritas kebutuhan lain dalam kehidupannya.

Menjaga Kesehatan

Perempuan tangguh tahu bahwa kesehatan merupakan segalanya. Kalian tentu tidak dapat melakukan aktivitas apapun jika dalam keadaan tidak sehat, bukan? Maka, perempuan tangguh merupakan perempuan yang pandai menjaga kesehatan diri, mereka tahu bahwa kesehatan adalah salah satu investasi untuk masa depan yang harus dijaga. Mereka pantang untuk sakit karena mereka tak mau meninggalkan tugas dan tanggungjawab yang sudah diamanahkan. Mereka pandai dalam menjaga kesehatan rohani maupun kesehatan jasmani.

Mendekatkan Diri Kepada Tuhan

Tidak peduli akan seberapa hebat diri kita, kita masih saja manusia yang lemah dan tidak kebal terhadap dosa, bukan? Tidak ada manusia yang sempurna. Carilah kekuatan itu dari Tuhan, tetap andalkan Dia melalui doa-doamu. Hidup yang dipenuhi dengan mengeluh tidak akan membuahkan hasil layaknya mereka yang membiasakan diri bersyukur dengan apa yang ada.

Bagaimana? Sudah tahu kan kualitas seperti apa yang harus dimiliki oleh perempuan tangguh di zaman “now’? Jadi, mulai sekarang jadilah tangguh dan jadikan segala rintangan hidup menjadi tantangan yang harus kamu lalui dengan sikap optimis dan berhati besar ya.

Hai Diva, siapkah kamu  mempraktikkkannya dan menjadi perempuan tangguh?

Penulis: Aurelia Aurita

Peserta kompetisi “Lomba Menulis Artikel dengan Tema Strong Women” yang diadakan Haidiva.com dalam memperingati Hari Ibu.

Spread the love