081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Perempuan Tangguh Masa Kini

Perempuan Tangguh Masa Kini

Haidiva.com-Perempuan, bukan lagi dia yang harus bekerja di dapur,sumur, dan kasur. Seiring berkembangnya jaman, ia telah bertransformasi menjadi sesosok yang berpengaruh. Lantas, bukan berarti meninggalkan kodratnya sebagai seorang istri dan ibu.        

Walaupun perempuan diciptakan dari tulang rusuk laki-laki, ia bukan berarti lemah tak berpendirian. Penciptaan tersebut tentu ada hikmah yang dapat diambil, menjadikan perempuan seseorang dengan kepribadian tangguh. Tulang rusuk berada di bagian tengah tubuh, dekat dengan hati dan jantung, namun tidak egois melebihi akal. Artinya ia memiliki kemampuan menyeimbangkan kehidupan apabila bertemu dengan laki-laki yang lebih mendahulukan akal.

Strong women, memaknai lebih dalam tentang bagaimana karakter perempuan tangguh. Perempuan tangguh ialah ia yang memiliki hati, pikiran, dan fisik yang kuat dalam menghadapi persoalan hidup. Perempuan yang tangguh menyadari bahwa ia dapat bertahan pada prinsipnya tanpa memerlukan persetujuan orang lain. Dengan karakter tangguh tersebut, ia mampu menghadapi tantangan sulit dalam hidupnya.

Bagi saya, karakter perempuan tangguh itu:

Memiliki Penguasan Diri yang Baik

Perempuan tangguh dapat mengendalikan atau menguasai dirinya untuk melakukan atau tidak melakukan suatu hal. Penguasaan diri berarti ia mampu mengenali dirinya, kekuatan, dan kelemahan secara menyeluruh. Ketika masalah datang, ia tahu harus berbuat seperti apa, apakah menghadapi atau justru menyerah. Ia menyadari bahwa dirinyalah yang berhak mengendalikan emosinya.

Berani Mengambil Tanggung Jawab

Perempuan tangguh tidak takut dalam mengambil tanggung jawab sekaligus dengan konsekuensinya. Ia terlebih dahulu menimbang tanggung jawab dan resikonya sebelum mengambil sebuah keputusan. Tanggung jawab tersebut akan dipikirkan matang-matang, tapi tidak terburu-buru.

Percaya Diri

Perempuan berkarakter tangguh tahu bagaimana memanfaatkan peluang kelebihan serta kekurangannya. Dengan peluang tersebut, tentu tingkat kepercayaan dirinya akan meningkat. Ia tidak akan terpengaruh terhadap pandangan orang lain terhadap dirinya, selama keputusan yang diambil tidak merugikan orang lain.

Tidak Terjebak di Masa Lalu

Perempuan tangguh mampu mengambil pelajaran di masa lalunya. Ia tidak akan berada di zona masa lalu yang dapat menurunkan semangat hidup. Ia tidak terus menghidupkan kembali masa lalu atau tentang hari-hari kejayaan. Sebaliknya, ia menyadari bahwa hidup adalah hari ini dan merencakan masa depan.

Memiliki Iman yang Tangguh

Perempuan tangguh menyadari bahwa ia hanya manusia biasa yang kapan saja dapat lemah. Ia akan mencari lingkaran kehidupan yang positif agar dapat meng-upgrade semangatnya untuk senantiasa memahami ada zat yang lebih berkuasa atas dirinya. Ia menyadari, bahwa hidup bukan tentang dirinya saja. Akan ada waktu di saat ia membutuhkan penyokong hidup melalui lingkaran pertemanan.

Begitulah karakter yang seharusnya dimiliki seorang perempuan tangguh. Persoalan hidup tentu akan terus datang, namun dengan sikap positif yang dimiliki ia akan tahu bagaimana seharusnya bersikap. Sudah siapkan kamu menjadi barisan perempuan tangguh berikutnya?

Penulis: Ullya Muflihatin

Peserta kompetisi “Lomba Menulis Artikel dengan Tema Strong Women” yang diadakan Haidiva.com dalam memperingati Hari Ibu.

Spread the love