Pengalaman Tes Corona di RS Unair Surabaya

Pengalaman Tes Corona di RS Unair Surabaya

Haidiva.com-Presenter sekaligus mantan artis cilik Agnes Santoso bercerita bahwa penderita demam dan flu tak sembarangan bisa tes corona atau covid-19. Pernyataan Agnes ini diperoleh setelah dia mengantarkan adiknya ke Rumah Sakit Universitas Airlangga Surabaya untuk periksa. 

“Adik merasa batuk, pilek, radang tenggorokan, dan pusing. Apalagi dia banyak aktivitas di Jakarta,” kata Agnes saat dihubungi Selasa malam, 17 April 2020.

Selasa pagi, Agnes mengatakan, dia dan adiknya datang ke RSUA sebelum petugas muncul di jam 7.30 WIB. Antrian dibatasi sampai 100 orang per hari. Dia menyarankan segera menulis ke buku absensi agar jelas siapa yang datang lebih awal saat antrian dibuka.

“Kalau ada berita buka 24 jam itu memang untuk tindakan terhadap mereka yang terkena virus,” kata Agnes.

Antrian di RS Unair Surabaya

Setelah mengantri, kata Agnes, tidak semua penderita dites melainkan tergantung kondisi tubuh. Konsultasi dengan dokter diperlukan untuk menentukan butuh tidaknya tes corona. Syarat utama adalah demam, pernah berpergian ke luar negeri dalam tiga bulan terakhir, dan ada kontak fisik dengan orang mancanegara.

“Karena batuk dan pilek, tidak demam, akhirnya adik tidak dites,” kata Agnes.

Berdasarkan info yang Agnes terima, hasil tes akan keluar dalam waktu 3-4 jam. Dia menyarankan kepada masyarakat untuk tak ragu tes di rumah sakit rujukan saat mengalami gejala demam, pusing, batuk, dan pilek.

Berdasarkan informasi yang dikutip dari CNN Indonesia, tes corona tidaklah gratis. Calon pasien perlu membayar sebesar Rp 500 ribu. Di Surabaya, pemeriksaan gratis hanya diberikan kepada warga yang mempunyai KTP Surabaya, mempunyai riwayat kontak dengan pasien positif, riwayat bepergian dari dan ke daerah epinsentrum corona, dan memiliki gejala penyakit seperti demam, batuk, serta sesak nafas.

Diva segera periksa bila mengalami gejala dan riwayat yang sama. Tapi jangan lupa, tetap berpikiran positif dan menjaga kesehatan dengan mengonsumsi makanan matang bergizi, rutin olah raga, serta istirahat cukup.**

Spread the love