Nadiem Makarim: Dongeng Latih Imajinasi Anak

Nadiem Makarim: Dongeng Latih Imajinasi Anak

Haidiva.com- Sejak tahun 2015, tanggal 28 November ditetapkan sebagai Hari Dongeng Nasional. Langkah ini tentunya disambut positif karena mendongeng mempunyai banyak manfaat bagi orang tua dan buah hati.

Seperti yang disampaikan oleh Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarin. Menurut Nadiem, kegiatan mendongeng yang dilakukan oleh orang tuda dapat melatih imajinasi anak.

Apa maknanya mendongeng dan membaca itu? Maknanya adalah agar adik-adik semua senang dan mencintai cerita, mencintai buku. Karena dari cerita itulah kita menciptakan imajinasi dan dari situlah, kita berlatih jadi kreatif,” kata Nadiem saat membuka rangkaian acara Pekan Perpustakaan Kemendikbud tahun 2019, seperti yang dikutip dari Kantor Berita Antara.

Nadiem juga mengajak para orang tua meluangkan waktu untuk mendongeng kepada anak. Karena dari hal tersebut, anak-anak menjadi semangat membaca dan bercerita bagi anak-anak.

Franka Franklin, istri Mendikbud mendongeng di hadapan anak-anak SD

Kemampuan berpikir dan berimajinasi, menurut Nadiem, adalah kunci dari kesuksesan di masa depan. Nadiem juga mengajak para ayah ikut mendongeng, tak hanya ibu. Pendidikan anak tak hanya tugas seorang ibu tapi juga bapak. Keduanya bersinergi dalam mendidik anak.

“Di rumah, kalau malam, kita juga mendongeng,” kata Nadiem sambil menunjuk kedua buah hatinya yang ikut hadir dalam acara tersebut.

Selain anak-anak, istri Nadiem, Franka Makarim, juga ikut mendongeng kisah “Si Kancil” di hadapan anak-anak sekolah dasar. (ndr)

Spread the love