081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Mitos vs Fakta Menstruasi

Mitos vs Fakta Menstruasi

Haidiva.com-Menstruasi ialah siklus lumrah perempuan di masa subur. Namun pengalaman bulanan ini sering dikaitkan dengan informasi yang keliru. Kali ini, Haidiva akan membedah mitos seputar menstruasi dan menunjukkan fakta yang sebenarnya.

Minuman soda memperlancar menstruasi

Pandangan tersebut adalah mitos mentruasi. Faktanya, kandungan kafein dan tingginya gula dalam minuman bersoda justru menyebabkan kondisi penyempitan pembuluh darah atau vasokonstriksi hal ini malah meningkatkan rasa sakit perut saat menstruasi.

Minum es menghambat menstruasi

Informasi ini juga sekadar mitos menstruasi. Faktanya adalah minuman dingin tak mempengaruhi keseimbangan hormon pada perempuan dan tak mempengaruhi siklus mentruasi, baik memperlancar maupun menghambat menstruasi. Es akan menyebabkan sakit perut saat menstruasi jika dicampur dengan kandungan gula tinggi, seperti sirup yang terlalu manis atau creamer yang berlebihan.

Baca juga: Skincare selama menstruasi  

Menstruasi tak boleh berolahraga

Justru sebaliknya. Dikutip dari laman Flo Health Inc, berolah raga saat menstruasi justru membantu meningkatkan sirkulasi darah sehingga mengurangi gejala menstruasi seperti nyeri dan sakit kepala. Hanya saja, pilih olah raga yang ringan karena beberapa orang mengalami lemas yang berlebihan saat menstruasi.

Menstruasi tak boleh berenang

Mitos menstruasi benar tapi alasannya bukan karena menyebabkan darah yang menyebar di air. Saat berenang, pembuluh darah cenderung menutup ketika menyentuh air sehingga darah tak akan keluar. Namun saat menstruasi sebaiknya tidak berenang karena dikhawatirkan akan terkena infeksi akibat air yang tak steril.

Baca juga: Kenali mood perempuan berdasarkan siklus bulanan

Keramas menghambat menstruasi

Tentu saja, pandangan ini hanyalah mitos menstruasi belaka. Tidak ada hubungan antara keramas dan lancar atau tidaknya siklus menstruasi. Tetap jaga kebersihan rambut agar segar menjalani aktivitas sehari-hari.**

Spread the love

One thought on “Mitos vs Fakta Menstruasi

  1. COVID-19 Sebabkan Krisis Pembalut Wanita di India
    July 1, 2020 at 10:36 am

    […] Baca juga: Mitos vs Fakta Menstruasi […]

Comments are closed.