081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Merancang Pernikahan Impian, Agar Lancar Di Hari Bahagia

Merancang Pernikahan Impian,  Agar Lancar Di Hari Bahagia

Haidiva.com-Merancang sendiri pernikahan impian bukanlah hal yang mudah. Tak berdiskusi antara calon pengantin laki-laki dan perempuan tetapi juga melibatkan kedua belah pihak. Merencanakan pernikahan impian membutuhkan banyak persiapan agar lancar di hari bahagia.

Brides.com memuat 42 tips merancang pernikahan impian, Haidiva merangkum menjadi 5 saja. Berikut tips merancang pernikahan impian agar lancar di hari bahagia.

Tetapkan budget dan disiplin anggaran

Budget atau anggaran pernikahan itu penting (weddingbee)

Anggaran pernikahan menjadi faktor utama untuk merancang pernikahan impian. Besarnya akan menentukan pesta pernikahan yang sederhana hingga yang mewah.

Bila tabungan berdua tak cukup, Kamu dan pasangan bisa saja mengizinkan anggota keluarga berkonstribusi. Namun ini tentu akan membuatmu berkompromi dengan pemberi dana terkait gaya pernikahan. Terpenting, seberapa mewah upacara pernikahanmu hendaknya tidak menimbulkan utang.

Baca juga: Mudahnya gelar pernikahan tradisional di hotel

Setelah menentukan anggaran, penting bagi kalian untuk disiplin mengelola keuangan. Jangan lupa, sediakan10 persen “bantalan” untuk biaya tak terduga yang kemungkinan muncul.

Buat daftar prioritas berdasarkan gaya pernikahan

Tradisional atau modern? tentukan gaya pernikahanmu (istimewa)

Duduklah bersama pasangan untuk membahas gaya pernikahan yang akan kalian lakukan. Obrolan seperti menggunakan upacara adat apa, berapa jumlah undangan, dan lain sebagainya sedetail-detailnya. Sesuaikan anggaran yang telah kalian buat dan tentukan prioritas yang harus ada di acara pernikahan.

Setelah menentukan gaya pernikahan, Kamu dan pasangan perlu memprioritaskan hal tertentu yang wajib ada di acara kalian dan yang tidak. Bila anggaran tak cukup, item yang paling tidak diprioritaskan bisa dikurangi.

Kebutuhan bantuan pihak lain

Bila perlu, minta bantuan wedding organizer (insight.mbiz)

Setelah menentukan anggaran dan daftar prioritas gaya pernikahan, Kamu dan pasangan bisa meminta bantuan keluarga. Kerabat bisa dimintai bantuan untuk melakukan survei vendor gedung, makanan, dokumentasi, tata rias, dan lain sebagainya saat kamu kewalahan. Keterlibatan keluarga menjadi penting karena mereka akan merasa dibutuhkan dan dihargai.

Baca juga: Gaun pengantin unik para selebriti

Kalau kamu ingin pengantin dan keluarga fokus pada prosesi pernikahan, penggunaan wedding organizer (WO) bisa menjadi opsi tepat. Diskusikan pada mereka secara rinci tentang pernikahan impianmu dan jangan lupa baca kontrak WO secara detail .

Cari pendapat lain

Minta pendapat pasangan lain (videohive)

Bila kamu, pasangan, dan keluarga sudah mencapai tahap buntu saat merancang pernikahan impian, tidak ada salahnya mencari pendapat lain. Tanyakan pendapat pasangan yang konsep pernikahannya mirip denganmu. Mereka akan memberikan masukan yang bisa jadi solusi bagimu.

Jangan jadi bridezilla

Pertengkaran sebelum menikah kerap terjadi (istimewa)

Bridezilla ialah sebutan untuk sindrom pra-nikah ketika calon pengantin lebih sensitif dan mudah cepat marah. Hal ini disebabkan karena saklek dalam mewujudkan pernikahan impian. Pertengkaran antar-calon pengantin sering terjadi atau bisa juga ribut dengan keluarga sendiri.

Tidak usah terlalu ngoyo semua harus sempurna justru inilah saatnya kekompakan kalian diuji sebelum memasuki mahligai rumah tangga. Luangkan waktu sejenak untuk menenangkan diri, misalnya dengan melakukan perawatan kecantikan, pijat, atau spa sebelum menikah. Pengantin yang tenang biasanya memancarkan aura kecantikan dari dalam.

Spread the love