Menu Diet Sehat untuk yang Berpuasa

Menu Diet Sehat untuk yang Berpuasa

Haidiva.com-Saat puasa, tak hanya jiwa kita yang dibersihkan tetapi juga badan. Agar kebersihan organ badan semakin optimal, perlu diet yang tepat saat berpuasa di bulan suci Ramadhan. Dilansir Indian Express, pilihan menu sahur dan berbuka dilakukan dengan tepat, maka impian untuk menurunkan berat badan saat berpuasa bisa tercapai.

Menu Sahur

Saat sahur, konsumsi makanan kaya protein seperti telur dan ikan, karena dapat membantumu tetap kenyang selama berpuasa. Selain itu, makanan kaya serat seperti gandum dan aneka sayuran dapat memperlambat pencernaan dan menurunkan kolesterol dan glukosa darah, sehingga kenyang lebih lama dan berenergi.

Yogurt dan milkshake campur madu dianjurkan karena kaya akan kalsium dan mineral baik laiinya. Buah-buahan seperti mentimun, semangka, dan melon memiliki kandungan air tinggi. Bila bosan dengan air putih, kamu hanya boleh menggantinya dengan air kelapa tanpa tambahan apapun.

Baca: Ramping dengan Cara Sehat, Hitung Kalori Masuk dan Keluar

Sedangkan menu yang mesti dihindari saat sahur ialah karbohidrat olahan karena hanya bisa bertahan beberapa jam, dan rendah nutrisi penting lainnya. Makanan asin juga sebaiknya dihindari. Minuman berkafein seperti kopi dan teh sebaiknya juga dihindari karena bersifat ureter dan memicu dehidrasi.

Makanan lain yang mesti dihindari ialah yang mengandung gula tinggi seperti cokelat, es krim, dan permen. Makanan yang digoreng dan berminyak seperti samosa dan sejenisnya juga lebih baik dihindari.

Menu Buka Puasa

Menu terbaik saat berbuka puasa ialah air putih karena bisa langsung diserap tubuh dan diterima jaringan darah kurang dari 5 menit. Kurma memang dianjurkan seperti Sunnah Nabi. Tapi ingat, jangan lebih dari tiga butir. Kacang-kacangan, asalah tak digoreng, seperti almond maupun kacang tanah bisa menjadi alternatif camilan yang cepat memberikan energi.

Makanan yang mesti dihindari saat berbuka puasa ialah yang bersifat goreng-gorengan dan yang mengandung gula tinggi. Bijaklah mengonsumsi aneka es manis dan santap setelah makanan utama.**

Spread the love