Kerja dari Rumah, Apa Untung Ruginya?

Kerja dari Rumah, Apa Untung Ruginya?

Haidiva.com-Pandemik virus corona membuat beberapa perusahan mengeluarkan kebijakan untuk mengganti sistem kerja menjadi remote system, atau bekerja jarak jauh. Di satu sisi, cara ini menguntungkan karena tak perlu mengeluarkan biaya transportasi dan lebih hemat waktu. Nyatanya, kerja di rumah mempunyai kelebihan dan kekurangan.

Kelebihan Kerja Remote

Jam kerja remote lebih fleksible sehingga dibatasi 9 pagi dan 5 sore. Kita tak perlu tergesa-gesa bangun pagi untuk bersiap-siap dan menghabiskan waktu di jalan. Dengan demikian, waktumu dengan keluarga semakin banyak.

Cara kerja remote ini ternyata bisa mengurangi stress di jalan. Kemacetan sering kali menyebabkan tekanan dan kelelahan. Kamu bisa fokus bekerja lebih nyaman.

Dengan kerja di rumah, kamu bisa mempunyai waktu fleksible dan lebih banyak untuk melakukan kegiatan lain seperti masak sendiri, membersihkan rumah sendiri sehingga lebih sehat dan hemat. Kamu juga bebas membuat lokasi kerja seenak mungkin sehingga produtivitas meningkat.

Kekurangan Kerja Remote

Dibalik kenyamanan bekerja remote, ada kekurangan  yang patut kita perkirakan. Salah satunya ialah minim bersosialisasi dengan karyawan di perusahaan. Pertemuan menjadi berkurang dan bisa jadi mengalami miskomunikasi saat bekerja dalam tim. Komunikasi tatap muka tetap lebih efektif dibanding melalui online.

Masalah lain ialah kamu bisa jadi mengorupsi waktu atau sebaliknya bekerja lebih dari waktu yang ditentukan. Saat bekerja di rumah, kita sering tergoda untuk mengakses kegiatan lain seperti hiburan menonton youtube, main games dan lain sebaginya. Atau sebaliknya, kamu bekerja berlebihan di luar waktu kerja kantor karena tak ada jam yang jelas.**

Spread the love