Buat Hand Sanitizer Sendiri Ala BPOM

Buat Hand Sanitizer Sendiri Ala BPOM

Haidiva.com-Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM) mengeluarkan surat edaran bernomor KP.11.01.2.83.03.20.14 tentang pembuatan hand sanitizer sebagai upaya mencegah penyebaran virus corana. Edaran pembuatan hand sanitizer sendiri itu dikeluarkan karena langka dan mahalnya produk tersebut di pasaran.

“Membuat hand sanitizer sediri sesuai pedoman WHO,” begitu yang tertulis dalam surat edaran tersebut, 11 Maret 2020. Hand sanitizer buatan sendiri itu wajib ditempatkan di kantor-kantor BPOM dan balai atau loka POM di pintu masuk dan tempat pelayanan. Cara-cara ini tentu bisa ditiru oleh perusahaan atau rumah lain.

Bahan-bahannya ialah etanol 90 persen, gliserol 98 persen, hidrogen perkosida 3 persen, air steril atau aquadest. Alat yang dibutuhkan adalah gelas ukur 1 liter, gelas ukur 50 ml, gelas ukur 25 ml, batang pengaduk, botol kaca, dan becker glass atau gelas untuk memanaskan bahan.

Langkah penangananya adalah 833 ml etanol 96 persen dimasukkan ke dalam gelas ukur 1 liter. Kemudian tambahkan 41,7 ml hidrogen peroksida 3 persen ke dalam gelas ukur berisi etanol. Kemudian tambahkan 14ml gileserol 98 persen menggunakan gelas ukur dan pastikan tak ada yang tersisa di wadahnya dengan cara membilasnya dengan air. Kemudian tambahkan air hingga campuran tersebut berukuran 1000 ml dan aduk hingga mencampur sempurna. Pindahkan campuran ke dalam botol kaca bersih. Simpan selama 72 jam untuk memastikan tidak ada kontaminasi bakteri dari wadah botol.

Nah, kini hand sanitizer buatan sendiri ala BPOM sudah siap kamu gunakan.

Spread the love