081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Kenali 3 Tipe Investor Sebelum Memulai Investasi, Kamu yang Mana?

Kenali 3 Tipe Investor Sebelum Memulai Investasi, Kamu yang Mana?

Haidiva.com-Sebelum memulai investasi, ada baiknya Kamu mengenali seperti apa profil risikomu dalam berinvestasi. Profil risiko merupakan gambaran diri kita ketika harus menghadapi risiko yang terjadi dalam investasi. Profil risiko juga bisa menentukan produk investasi apa yang paling sesuai untukmu. Pengenalan ini sangat penting agar tujuan finansialmu dapat tercapai dengan efektif. Pada umumnya ada 3 tipe investor sesuai profil risikonya:

1.Konservatif

Investor yang bertipe konservatif memiliki profil risiko yang paling rendah. Investor ini lebih menyukai instrumen investasi yang aman dan takut jika modal awal berkurang. Selain itu, tipe investor ini juga merasa nyaman dengan instrumen investasi yang imbal hasilnya tidak terlalu besar tetapi bergerak stabil. Adapun instrumen investasi yang cocok untuk investor dengan profil ini seperti tabungan, deposito, reksadana pasar uang dan obligasi pemerintah.

Baca Juga: Kapan Waktu Investasi Terbaik?

2.Moderat

Tipe moderat adalah tipe investor dengan profil risiko sedang. Investor tipe moderat biasanya memiliki tujuan finansial jangka menengah, dan siap dengan tingkat  return  yang fluktuasinya tidak signifikan, tetapi masih tidak terlalu berani mengambil risiko. Tipe investor ini cocok untuk berinvestasi pada reksa dana campuran.

3.Agresif

Tipe agresif adalah tipe investor dengan profil risiko yang tinggi. Investor tipe ini sangat siap jika investasi pokoknya berkurang atau hilang demi imbal hasil yang juga tinggi. Biasanya investor yang seperti ini adalah investor yang sudah berpengalaman. Investor dengan tipe  risk taker  ini sangat cocok berinvestasi pada jenis reksa dana saham atau trading saham.

Baca Juga: Terapkan 4 Langkah Ini Agar Terhindar dari Investasi Bodong

Spread the love