Kamu Masih Remaja dan Kamu Tangguh!

Kamu Masih Remaja dan Kamu Tangguh!

Haidiva.com-Apa yang ada di pikiran, ketika mengetahui kamu tidak bisa meneruskan ke perguruan tinggi? Kurangnya pendapatan, utang piutang, atau masalah klasik lainnya yang hadir sebagai penghambat, mengharuskan kamu mengganti arah kemana kaki melangkah. Di saat teman sebayamu melajukan motor atau mobilnya ke gedung-gedung universitas, kamu harus bersiap dengan seragam kerjamu sebagai buruh rupiah. Kamu pasti marah, jengkel, bahkan malu.

Tapi, tahukah kamu? Dengan cara seperti itu, kamu sudah membuktikan bahwa lebih siap dan lebih cerdas. Mereka belum cukup pintar untuk bekerja, oleh karena itu mereka mencari bekal lebih banyak. Tapi kamu sudah mampu! Dengan kemandirianmu, kamu kuat untuk menopang hidupmu sendiri.

Kalau dipikir, toh mereka yang bergelar macam-macam itu juga akhirnya mencari pekerjaan. Lampaui mereka! Kamu sudah selangkah, bahkan beberapa langkah di depan. Jangan malu! Berbanggalah! Dengan hasil keringatmu, kami bisa membelikan orang-orang tersayangmu apa yang mereka mau atau memanjakan dirimu, menjelajah dunia luar dengan penghasilanmu sendiri. Tidak semua remaja bisa seperti itu.

Lalu, bagaimana dengan orang-orang yang mengatakan “perempuan haruslah berpendidikan tinggi karena akan menjadi sekolah pertama bagi anaknya”? Coba pikirkan lagi. Apakah pendidikan yang paling penting? Ilmu hukum? Ekonomi? Manajemen?

Baiklah. Kalian mungkin sudah menguasai hal-hal tersebut dan mengaku bisa menyalurkannya. Tapi, apa jadinya jika pengajarnya saja masih berjiwa kekanak-kanakan? Pendidikan karakterlah yang saat ini sedang gencar diusahakan. Bukan berapa banyak gelar sarjana yang kamu dapat, tapi seberapa dewasa dan seberapa kuat mentalmu menghadapi rintangan hidup, serta memotivasi orang lain untuk bangkit. Itu yang paling dibutuhkan.

Di zaman yang semakin rumit ini, perempuan tidak lagi dituntut hanya untuk menjadi pintar dalam hal akademik. Perempuan zaman ini harus berpengetahuan luas, mengetahui dan beradaptasi dengan hal-hal baru, menjadi motivator untuk orang-orang sekitar. Akan semakin hebat jika kamu bisa menjadi sosok seperti itu di usiamu yang masih belia.

Hai Diva, menjadi sosok perempuan hebat di masa remaja memang tidak mudah. Butuh kesabaran, ketabahan, serta kontrol diri yang baik. Jauhi teman-teman yang dapat memberi pengaruh buruk dalam pergaulan, dekatkan diri dengan keluarga, perbanyak pengetahuan agamis, terus bersikap baik terhadap semua orang, dan yang terpenting, ambil pelajaran berharga dari hal-hal kecil di sekitarmu.

Penulis: Adinda

Peserta kompetisi “Lomba Menulis Artikel dengan Tema Strong Women” yang diadakan Haidiva.com dalam memperingati Hari Ibu.

Spread the love