Jajanan Kekinian Vs Selera Nusantara, Mana yang Lebih Unggul?

Jajanan Kekinian Vs Selera Nusantara, Mana yang Lebih Unggul?

Haidiva.com-Jajanan kekinian seperti boba atau bubble tea, tteokbokki, churros, dan lain sebagainya, kian marak hadir di Indonesia. Jajanan ini diadopsi dari negara lain dan disesuaikan dengan lidah orang Indonesia. Nyatanya, banyak jajanan selera nusantara yang selintas terlihat mirip dengan jajanan kekinian tersebut. Ihwal rasa, itu kembali pada selera lidah masing-masing. Tapi soal kalori, mana yang lebih cepat menambah lingkar perut, jajanan kekinian atau selera nusantara?

Bubble Tea vs Dawet Ayu

Sama-sama kenyal, bedanya bubble tea berasal dari ketela atau tepung tapioke sedangkan dawet atau cendol berasal dari tepung beras. Sama-sama manis dan ada sensasi gurih. Bedanya, boba menggunakan susu sedangkan dawet memakai santan.

Kira-kira berapa kalori yang dihasilkan masing-masing? Ternyata dalam segelas ukuran sedang 300 ml, bubble tea mengandung 540 kalori sedangkan dawet ayu mempunyai 275 kalori. Tapi tetap saja, baik jajanan kekinian maupun selera nusantara, kedua minuman ini tetap perlu dibatasi.

Tteokbokki vs Seblak

Kalau makanan dari Korea itu dibuat dari tepung beras, sementara seblak berasal dari tepung kanji. Keduanya nikmat dimakan pedas dan diolah bersama tauge dan daun bawang. Satu porsi tteokbokki mengandung 800-1000 kalori, sedang seblak mengandung 315-550 kalori. Kini yang sedang diet, kamu tahu mana yang harus dimakan kan? Seblak sebagai kudapan selera nusantara lebih unggul dibanding perwakilan kekinian tteokbokki.

Churros vs Cakue

Bentuk dan cara pembuatannya hampir mirip. Namun churros berasa manis sedangkan cakue cenderung gurih. Dalam ukuran 100 gram, churros mengandung 447 kalori sedangkan cakue 417 kalori dalam ukuran yang sama. Tak berbeda jauh memang, tapi ingat, 100 gram dari jajanan selera nusantara tersebut terdiri dari 2 buah. Jangan terlalu banyak.

Sosis Bakar vs Sempol

Keduanya bisa dibuat dari daging sapi maupun ayam dan sama-sama lezatnya. Bedanya, sosis dibakar sedangkan sempol digoreng. Dalam 100 gram sosis ayam bakar, mengandung 172 kalori bila belum dibakar. Setelah dibakar, kalori sosis berubah menjadi 200-an kalori. Sementara sempol ayam mengandung 209 kalori dalam setiap 100 gram. Tapi ingat, dalam 100 gram sempol ayam maaupun sosis ayam bakar hanya berisi dua buah.

Diva, artinya makan makanan berlebihan tetaplah tidak diperkenankan. Periksa asupan kalori yang kamu konsumsi saat mencoba jajanan kekinian atau pun selera nusantara.**

Spread the love

2 thoughts on “Jajanan Kekinian Vs Selera Nusantara, Mana yang Lebih Unggul?

Comments are closed.