Ini yang Terjadi di Perut Ibu Saat Melahirkan

Ini yang Terjadi di Perut Ibu Saat Melahirkan

Haidiva.com-“Surga ditelapak kaki ibu” merupkan petuah yang sangat tepat untuk menggambarkan betapa kuat dan berjasanya seorang ibu dalam mengasuh anak-anaknya. Bahkan, hal itupun dapat terlihat ketika perjuangan seorang ibu dalam menghadapi fase-fase melahirkan. Di tahap terakhir masa kehamilan, ibarat dua puluh tulang sehat dipatahkan secara bersamaan.

Rasa sakit melahirkan disebabkan adanya aktivitas besar di dalam tubuh yang sedang berusaha mengeluarkan bayi. Saat melahirkan, terjadi peregangan dan pelebaran mulut rahim. Kejadian itu terjadi ketika otot-otot rahim berkontraksi untuk mendorong bayi keluar. Pada umumnya, rasa sakit karna kontraksi dimulai dari bagian bawah punggung, kemudian menyebar kebagian bawah perut, bahkan bisa menyebar hingga ke kaki.

Selain kontraksi, adapun berbagai resiko melahirkan yang dapat dirasakan oleh seorang ibu seperti :

1. Tarikan pada tuba falopi, ovarium dan peritonium.

2. Tarikan dan peregangan pada ligamentum penyangga.

3. Penekanan pada uretra, kandung kemih, dan rektum.

4. Distensi otot-otot punggung dan perineum.

5. Kontraksi otot slama priode anoksia relatif yang menyebabkan rasa nyeri.

6. Peregangan servix mennyebabkan rasa nyeri di bagian punggung.

7. Penekanan pada ganglia saraf yang berdekatan dengan servix dan vagina.

Proses melahirkan merupakan proses penuh resiko. Organisasi Kesehatan Dunia atau WHO memperkirakan bahwa sekitar 830 perempuan meninggal setiap hari karena komplikasi selama kehamilan dan persalianan. Bahkan dari survei Demografi Kesehatan Indonesia (SDKI) tahun 2018 menyebutkan bahwa AKI (angka kematian ibu) di Indonesia adalah 91,45% dari 1.000 kelahiran sedangkan AKB (angka kematian bayi) mencapai 13,4%  dari 1.000 kelahiran.

Melihat perjuangan ibu saat melahirkan, sudah semestinya kita, sebagai seorang anak, wajib berbakti, menyayangi, dan menghormatinya. Karena tanpa lelah, letih, dan ketulusan hatinya, kita tak mungkin bisa menjadi seperti sekarang ini.

Penulis: Rona Wirda Triani

Peserta kompetisi “Lomba Menulis Artikel dengan Tema Strong Women” yang diadakan Haidiva.com dalam memperingati Hari Ibu.

Spread the love