081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Idol Korea yang Pernah Dituduh Plagiat

Idol Korea yang Pernah Dituduh Plagiat

Haidiva.com-Banyak artis yang dituduh melakukan plagiat grup K-Pop, tidak terkecuali artis Indonesia. Namun apa jadinya kalau yang dituduh mencontek adalah idol Korea Pop? Sejumlah lagu mereka mempunyai kemiripan dengan musisi lain. Bukan berarti lagu yang mirip tapi bisa jadi konsep music video atau pun koreografi.

Haidiva mengumpulkan dari berbagai sumber.

BTS

Flo Rida (MV GDFR)

Boyband Korea yang lagi mendunia ini pernah mendapat tudingan telah meniru lagu Flo Rida berjudul GDFR. Lagu yang diduga sama persis adalah lagu BTS yang berjudul ‘DOPE’. Dilansir dari Kpopmap, lagu DOPE sendiri diciptakan oleh Slow Rabbit, Suga, J-Hope dan Ram Monster.

Baca juga: Artis Korea Laporkan Haters ke Jalur Hukum

BIGBANG

BiGBANG (Sober)

Boyband Korea generasi kedua ini juga tak luput dari tudingan plagiasi karya orang lain. Dilansir dari Allkpop, netizen merasa jika ‘Sober’ milik BIGBANG terdengar mirip dengan karya The Wanted berjudul ‘Glad You Came’. Melodi dari kedua lagu tersebut sangat mirip hanya ‘Sober’dibuat lebih nge-beat.

SHINEE

SHINEE (MV Dream Girl)

Tahun 2013, SHINEE mengeluarkan lagu yang catchy berjudul ‘Dream Girl’. Lagu ini dianggap mirik karya Luis Miguel yang berjudul Vuelve. Namun pihak management SHINee, SM Entertainment membantah tuduhan tersebut dan menyatakan bahwa hal tersebut hanya opini saja.

CNBLUE

CNBLUE (Korea Herald)

CNBLUE juga dianggap plagiat setelah meluncurkan lagu ‘I Am a Loner. Band dari FNC Management ini dituding menjiplak lagu karya band indie Ynot yang berjudul ‘Blue Bird’. Saking miripnya, bahkan band Ynot sendiri mengungkapkan kekecewaannya atas isu tersebut.

Baca juga: Skandal K-Pop Sepanjang 2019

TWICE

Twice, Knock Knock

Girlband ternama Korea ini juga pernah mendapat tuduhan plagiasi meski bukan pada lagunya. Gerakan koreografi dalam lagu Knock-knock dituduh mirip dengan gerakan dance boyband Seventeen, seperti lagu ‘Pretty U’, ‘Adore U’ dan ‘Very Nice’. Dilansir dari kpopchart, netizen tak serta merta menyalahkan TWICE atas tuduhan plagiat tersebut, penggemar Seventeen justru menyalahkan sang koreografer bernama Choi Young-joon.

SS501

SS501

SS501 dianggap plagiat bukan pada lagu maupun gerakan koreografi. Tahun 2012, grup vokal generasi kedua ini mengelurkan music video untuk lagu ‘Snow Prince’. Konsep video yang menunjukan para laki-laki yang ikut audisi kemudian bernyanyi dan berjoget dihadapan lima juri perempuan mirip dengan music video Backstreet Boys yang berjudul ‘As Long As You Love Me”.

Jeon In Kwon

Jeon In Kwon memang bukan anggota boyband tapi merupakan musisi besar asal Korea Selatan. Bersama grup musik Deulgukhwa, Jeon In Kwon dijuluki sebagai Beatle-nya Korea Selatan dan lagu-lagunya merajai era tahun 1980-an. Sayangnya, lagu berjudul ‘Dont Worry Dear’ dianggap menjiplak lagu band Jerman era tahun 1970-an ‘Drink doch eine met’. Dikutip dari The Korea Herald, Jeon In Kwon membantahnya. Dia mengatakan lagu yang pernah menjadi penggiring drama Reply 1988 itu hanya mirip tapi tak sama.

Untuk memastikan kemiripan lagu-lagu idol K-Pop ini dengan musisi lain, coba dengar dan bandingkan. Kalau menurut kamu, mirip atau tidak?

Spread the love