081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Kapan Pandemi Covid-19 Berakhir? Prediksi 2021

Kapan Pandemi Covid-19 Berakhir? Prediksi 2021

Haidiva.com-Di awal munculnya wabah virus corona atau COVID-19, aneka prediksi mencul. Kapan pandemi COVID-19 akan berakhir dan aktivitas kembali normal? Banyak teori yang mengatakan pandemi berakhir ketika panasnya kemarau panjang menmbunuh virus atau saat kekebalan masyarakat tercapai. Namun tak satupun teori-teori ini tercapai.

Berbagai upaya pemerintah dan masyarakat dilakukan untuk menurunkan tigkat penyebaran COVID-19. Mulai dari ajakan menggunakan masker, cuci tangan secara rutin, hingga pembatasan sosial. Upaya ini efektif menlandaikan kurva jumlah kasus di beberapa negara. Tapi jenuh menghadapi pandemi menyebabkan beberapa orang mengalami kebosanan.

Dikutip dari bebarapa sumber, berikut prediksi sejumlah pakar mengenai kapan pandemi COVID-19 akan berakhir dan hal yang harus dilakukan masyarakat.

Baca juga: Mengapa Orang Sulit Di Rumah Saja saat Pandemi COVID-19

Setelah vaksin digunakan

Antara Foto

Setelah berbulan-bulan hidup penuh tekanan karena COVID-19, ada setitik harapan lewat vaksin. Dikutip Science Alert, para ahli memperingatkan bahwa vaksin tidak sepenuhnya menghilangkan virus hanya meringankan gejala bagi penderita. Artinya, infeksi baru akan terus ada tetapi melambat dan kondisi pasien tak seburuk dulu.

Vaksin diperkirakan muncul awal 2021 dan kondisi berangsur membaik di kuartal kedua dan ketiga tahun depan. Karena itu, kita sebaiknya tetap mempertahankan protokol kesehatan ada atau tidaknya vaksin.

Perbaiki sirkulasi udara

HyperFocal: 0

Dikutip dari Indonesia Expat, penelitian terakhir dari lembaga pengendalian dan pencegahan penyakit Amerika Serikat menunjukkan bahwa 50 persen keluarga pasien COVID-19 ikut tertular virus. Artinya, penyebaran tak hanya terjadi di luar tetapi juga dari dalam rumah. Karena itulah, sirkulasi udara dan pencahayaan matahari yang cukup dibutuhkan di setiap rumah.

Baca juga: Interior Rumah, Sirkulasi Udara dan Cahaya Lancar

Jika rumahmu tak punya ventilasi yang layak, penggunaan penjernih udara sangat dianjurkan untuk mengurangi bakteri dan virus dalam ruangan. Beruntung bagi kita yang tinggal di daerah tropis. Sinar matahari mudah diperoleh sehingga dapat membunuh virus di luar tubuh.

Pandemi berakhir, protokol kesahatan bertahan

Reuters

Saat ada vaksin, akankah COVID-19 menghilang? Jawabannya tentu saja tidak. Virus ini akan tetap ada meski semua penduduk di dunia divaksin. Seluruh masyarakat dianjurkan tetap menjaga kebersihan dengan rajin cuci tangan, menggunakan masker, hingga mengonsumsi makanan bergizi untuk mencegah datangnya penyakit. Istirahat cukup dan rutin berolah raga dapat memperbaiki daya tahan tubuh.

Spread the love

One thought on “Kapan Pandemi Covid-19 Berakhir? Prediksi 2021

  1. Jokowi Gratiskan Vaksin Covid-19, Siap Disuntik Pertama
    December 16, 2020 at 3:36 pm

    […] Baca Juga: Kapan Pandemi Covid-19 Berakhir? Prediksi 2021 […]

Comments are closed.