081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Ide Bisnis Di Bidang Kecantikan, Simak Tips Suksesnya

Ide Bisnis Di Bidang Kecantikan, Simak Tips Suksesnya

Haidiva.com-Pertumbuhan UMKM di bidang kecantikan begitu pesat di tahun 2021. Menurut Head of Category Development Tokopedia Falah Fakhriyah, produk seperti serum wajah, krim malam, toner lokal laris manis di pasaran.

“Kategori kecantikan dan fesyen di Tokopedia mengalami peningkatan pesat selama kuartal II/2021 dibanding periode sebelumnya di tahun lalu,” kata Falah seperti yang dikutip dari Antaranews.com.

Informasi ini tentu menjadi sinyal menarik bagi pengusaha kecil, biasanya perempuan, untuk mulai membangun bisnis kecantikan. Uschamber memaparkan ide bisnis kecantikan yang bisa ditiru beserta tips suksenya.

Make up artist

Hanna Ogawa, Make Up Artist asal Surabaya

Jika Kamu kreatif, hobi membuat cantik prang lain, menjadi make up artist mampu menghasilkan pundi-pundi uang. Dengan keterampilan luar biasa, Kamu dapat berpromosi untuk merias acara-acara khusus seperti pernikahan, prom, dan kompetisi sorak atau tari.

Baca juga: Tips pakai foundation dan concealer menurut make up artist ternama

Tak hanya riasan cantik, Kamu juga berpeluang membuat riasan artsy dan karakter yang bisa digunakan untuk drama maupun teater. Banyak dan banyak latihan adalah kunci suksesnya. Branding semakin kuat bisa mempunyai sertifikat penata rias.

Gunakan media sosial untuk mempromosikan keahlianmu. Banyaknya tutorial cara menggunakan make up yang diunggah di media sosial. Itu bisa kamu tiru. Jangan lupa pilih musik latar dan tema make up yang tengah menjadi perbincangan.

Beauty blogger

Vindy, beauty blogger asal Jawa Timur

Kamu suka make up tapi tak jago merias orang lain? Pilihannya bisa menjadi beauty blogger. Bisnis ini adalah kategori influencer yang dicari konsumen untuk mendapatkan saran dan rekomendasi tentang sebuah produk kecantikan.

Kamu bisa membuat konten tertulis dan atau video yang diterbitkan secara teratur seputar masalah kecantikan. Bagi Kamu yang hanya ahli di bidang kecantikan tertentu, bisa fokus pada ceruk atau tema tertentu. Misalnya seperti clean beauty, seni merias kuku, atau penampilan “no make up make up”.

Baca juga: Tips rias wajah sendiri saat menikah ala Beauty Blogger Abel Cantika

Untuk menerobos dunia blogger yang sudah ramai dan meningkatkan kesadaran merek konten, Kamu hendaknya manfaatkan praktik terbaik SEO dan blog tamu di situs kecantikan populer. Setelah mendapatkan popularitas, beberapa merek kecantikan bisa jadi membayarmu untuk menjangkau pelanggan mereka.

Terapis spa dan lulur

Resep Skincare Ala Putri Keraton, Patut Dicoba (ilustrasi)

Tak semua orang mampu menjadi terapis yang memberi kenyamanan pelanggan. Menjadi terapis spa, pijat, atau lulur khusus perempuan bisa menjadi pilihan. Apalagi di tengah pandemi seperti ini, terapis panggilan ke rumah banyak diperlukan.

Untuk meyakinkan konsumen, jangan segan untuk mengambil sertifikasi terapis. Promosikan ke media sosial tentang manfaat spa bagi kesehatan dan bahan-bahan yang kamu gunakan.

Bermain-mainlah dengan potongan harga atau pembuatan paket layanan spa. Hadiah kecil seperti potpoori atau sabun mandi tentu juga menarik minat pelanggan.

Baca juga: Bisnis kecantikan mandirikan perempuan Pakistan

Layanan sulam alis atau perpanjang bulu mata

Sulam alis dan memperlentik bulu mata jadi pilihan bisnis kecantikan

Mata tidak hanya menjadi titik fokus wajah, tetapi juga merupakan pusat industri kosmetik. Di Amerika Serikat, riasan mata merupakan bisnis yang paling menguntungkan dengan nilai hampir US$ 2 miliar. Apalagi setelah pandemi Covid-19, alis dan bulu mata menjadi fokus riasan karena anjuran memakai masker.

Uniknya, sekarang tak hanya perempuan yang ingin alis tebal dan bulu mata lentik tetapi juga laki-laki. Ini bisa menjadi ceruk pasar kecantikan yang menggiurkan. Studio alis dan bulu mata bermunculan di seluruh dunia.

Untuk alis, microblading, tinting, dan lamination adalah teknik paling digemari. Sertifikasi sebagai ahli kecantikan, penata rias permanen atau ahli tata rias merupakan prasyarat untuk jasa ini. Tetapi investasinya sepadan dengan imbalannya karena bisnis kategori bulu mata saja diperkirakan akan tumbuh menjadi US$ 1,6 miliar pada tahun 2025.

Penjual kosmetik dan skincare

Skincare lokal tak kalah saing dengan produk luar negeri

Kamu bisa menggunakan metode penjualan online maupun langsung kepada orang terdekat. Ketahui pasar produk di lingkungan sekitarmu sebelum memilih merek tertentu. Jangan segan membawa modal sempel karena bisnis ini mengandalkan kecocokan produk dengan pelanggan.

Baca juga: Tips sukses jualan online di Marketplace

Untuk menjadi sangat sukses, Kamu harus menempatkan diri untuk membangun klien dengan mengadakan pesta, ikut di acara-acara lokal. Membangun dan mengelola media sosial dapatmenjangkau siapa saja yang merupakan prospek yang layak.

Menjadi reseller sebuah produk bisa dilakukan bila Kamu tak punya modal yang cukup. Pastikan produk yang kamu jual lolos uji BPOM dan mendapatkan sertifikat MUI bila kamu ingin menyasar ke muslimah.

Fotografer katalog

Produk terlihat indah di katalog berkat fotografer andal

Kamu tak punya keahlian di bidang make up? Menjadi fotografer katalog atau e-commerce untuk produk kecantikan bisa menjadi pilihan. Tentu saja, keahlian mengambil gambar yang diperlukan.

Di dunia digital saat ini, cara membangkitkan minat pada merek atau produk adalah melalui citra yang indah dan berkualitas. Inilah yang membuat situs web menonjol dari persaingan dan itulah yang memicu niat beli. Faktanya, sebagian besar pembeli online mengutip foto sebagai alasan utama untuk melakukan pembelian.

Ada beberapa prinsip utama dalam menangkap bidikan kecantikan. Jika Kamu ahli mengambil sisi cantik sebuah produk, sektor ini bisa sangat menguntungkan. Kamu bisa membebankan biaya per jam, per hari, atau jumlah produk yang diambil. Apalagi bagi produsen make up dan skincare, biaya fotografer lepas jauh lebih murah dibandingkan mempekerjakan pegawai tetap.

Spread the love