Hemat Uang Makan dan Waktu, Manfaat Meal Prep

Hemat Uang Makan dan Waktu, Manfaat Meal Prep

Haidiva.com-Kebutuhan akan makanan menjadi pengeluaran terbesar dari sebagian besar orang. Tak heran jika generasi milenial acapkali dilabeli sebagai generasi konsumtif. Hasil Survei Sosial Ekonomi Nasional (Susenas) BPS 2017 tentang proporsi pengeluaran bulanan rumah tangga milenial seolah mengamini pelabelan tersebut.

Hasil survei Susenas menunjukkan bahwa pengeluaran terbesar para keluarga milenial ada pada sektor konsumsi. Porsi pengeluaran untuk konsumsi ada di angka 60 persen dan terendahnya ada di angka 39,4 persen. 

Lalu bagaimana cara untuk menghemat pengeluaran konsumsi? Kamu bisa mencoba metode meal prep. Meal preparation atau meal prep, merupakan metode belanja makanan dan menyiapkan makanan untuk sepekan dengan cara memasak banyak dan menyimpan makanan di dalam lemari pendingin. Metode meal preparation punya banyak sekali manfaat:

1.Efisiensi Waktu

grid.id

Manfaat pertama, ada banyak hal yang bisa dibuat efisien dengan melakukan meal prep. Pertama, waktu dan tenaga, mulai dari belanja hingga mencuci peralatan masak. Jika setiap sesi masak kamu membutuhkan 45 menit, selama seminggu kamu akan menghabiskan waktu lebih dari 5 jam. Ini belum termasuk waktu dan tenaga untuk mencari ide “masak apa hari ini” dan pergi ke tukang sayur atau belanja ke pasar ya. Bandingkan dengan 2-4 jam sibuk belanja dan masak di hari Minggu.

2.Less Waste Cooking

cadenadial.com

Dengan melakukan meal prep, artinya kamu juga sedang berusaha untuk hidup minim sampah. Meal prep mengolah bahan makanan yang sama untuk satu minggu ke depan sehingga tidak ada bahan makanan yang rusak, membusuk dan terpaksa dibuang menjadi sampah. Artinya, meal prep bermanfaat pula bagi lingkungan.

3.Hemat Pengeluaran

youtube.com

Manfaat utama dari meal prep tentunya menghemat pengeluaran. Jika untuk makan siang setiap harinya kamu membeli makanan di warung seharga Rp 20ribu, berarti setiap minggunya kamu mengeluarkan Rp 140rb hanya untuk makan siang saja. Dengan budget yang hampir sama kamu bisa menyiapakan makananmu untuk seminggu, tentunya dengan porsi yang lebih banyak.

Spread the love