081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Film Religi yang Tak Tentang Cinta Lawan Jenis

Film Religi yang Tak Tentang Cinta Lawan Jenis

Haidiva.com-Kebanyakan film bertema religi fokus pada kisah cinta dua anak manusia setelah menikah. Sebut saja Ayat-Ayat Cinta, Surga Tak Dirindukan, Tausyiah Cinta, dan lain sebagainya. Padahal, banyak tema religius yang bisa diangkat selain tema cinta-cintaan. Tertarik? Berikut pilihan Haidiva untuk kamu.

Mencari Hilal

Di benak Mahmud (Dedy Sutomo), tak ada yang lebih mulia selain tulus berjuang menerapkan perintah Islam secara kaffah dalam semua aspek hidup. Bertahun-tahun lamanya Mahmud berdakwah agar setiap orang percaya bahwa Islam adalah satu-satunya solusi semua persoalan hidup. Sayangnya semangat Mahmud tercederai saat mendengar isu sidang Isbat Kementrian Agama yang menelan dana sembilan milyar untuk menentukan hilal. Realita itu membuatnya teringat lagi tradisi mencari hilal yang dilakukan pesantrennya dulu. Sebuah tradisi yang tak berjalan lagi sejak pesantrennya bubar puluhan tahun lalu.

Mahmud ingin mengulang tradisi itu untuk membuktikan kepada semua orang bahwa ibadah tidak dibuat untuk memperkaya diri. Hilal bisa ditemukan tanpa harus menelan biaya milyaran.Sayangnya upayanya itu terhalangi oleh anaknya. Mereka mengkhawatirkan kesehatan Mahmud yang menurun. Mahmud bersikeras pergi. Mahmud boleh pergi hanya jika ditemani Heli (Oka Antara), anak bungsunya yang sejak lama pergi dari rumah karena selalu bertentangan dengannya.Heli, aktivis lingkungan hidup, kerap membuat Mahmud gerah dengan kritik sekuler liberal yang menurutnya sesat.

Heli terpaksa menuruti permintaan kakaknya yang bekerja di kantor imigrasi, agar membantunya mengurus paspornya yang kedaluwarsa bertepatan dengan libur lebaran. Dia butuh secepatnya keluar negeri membantu para aktivis dunia berjuang melawan perusakan lingkungan di Nicaragua. Lalu bagaimana perjalanan ayah dan anak yang seperti Tom dan Jerry ini?

My Name is Khan

Rizwan Khan (Shahrukh Khan) adalah seorang anak Muslim autis yang tumbuh dengan saudaranya Zakir (Jimmy Shergill) dan ibunya Razia Khan (Zarina Wahab) dalam sebuah keluarga kelas menengah di bagian Borivali Mumbai. Setelah ibunya meninggal Rizwan tinggal dengan saudaranya di San Francisco meski Zakir tak menyukainya.

Saat bekerja, Rizwan bertemu seorang perempuan Hindu, Mandira (Kajol) dan dua anaknya Sameer atau Sam, dari pernikahan sebelumnya. Mereka akhirnya menikah dan mandiri. Kehidupan sempurna Khan terganggu setelah peristiwa serangan 11 September di New York City. Mereka menghadapi stigma buruk bahkan dari sahabat dan tetangga dekatnya sendiri. Bagaimana Khan mengatasi ini?

Children of Heaven

Film Children of Heaven asal Iran ini sempat masuk nominasi Academy Award sebagai film berbahasa asing terbaik dan menyabet penghargaan internasional. Kisahnya sederhana, tentang kakak adik Ali dan Zahra yang dibesarkan dari keluarga miskin. Mereka saling bergantian memakai sepatu lantaran sepatu Zahra dihilangkan oleh Ali saat mengutang sayuran di pasar.

Merasa bersalah, Ali meminjamkan sepatunya agar adiknya tetap bisa sekolah. Zahra masuk sekolah pagi sementara Ali siang. Mereka harus berlari setiap hari agar tepat waktu karena selisih jam sekolah mereka berimpitan. Hingga akhirnya, Ali mengikuti perlombaan lari dan menargetkan agar mendapat juara 3 yang berhadian sepatu. Sayangnya, Ali terlalu semangat mengikuti lomba sehingga menjadi juara pertama. Pupus sudah mendapatkan sepatu baru untuk adiknya.

Malcom X

Film drama biografi garapan Spike Lee ini mengisahkan tentang Malcolm X. Ia adalah sosok aktivis Amerika yang diperankan oleh Denzel Washington. Film ini menyorot beberapa peristiwa penting Malcolm X, mulai dari kasus kriminal, penahanan, dan tobatnya yang berujung masuk Islam.

Film ini juga dianggap sebagai film paling kontroversial karena menimbulkan beberapa pertanyaan tentang ras dan agama. Sehingga film yang rilis pada 18 November 1992 ini sempat menghebohkan dunia.**

Spread the love