081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Bisakah Puasa Cegah Virus Corona?

Bisakah Puasa Cegah Virus Corona?

Haidiva.com-Puasa diyakini bermanfaat bagi tubuh, salah satunya meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Dilansir dari Al Jazeera, pakar kesahatan dari NHS sekaligus dosen di Inggris Amir Khan mengatakan berpuasa juga membersihkan tubuh dari penyakit, mengurangi peradangan di sel-sel sehingga gejala dapat ditekan.

“Puasa menempatkan tubuh ke mode konservasi energi. Dalam upaya menghemat energi, tubuh mendaur ulang sel yang rusak menjadi sel baru yang kekebalakannya lebih tinggi dibanding sebelumnya,” kata Amir.

Sel-sel baru ini lebih cepat dalam memerangi infeksi. Namun perlu diingat, kata dokter Amir, kekurangan air melebihi 12 jam dapat memiliki efek merusak tubuh. Karena itulah, segera minum air putih saat berbuka puasa, bukan jenis minuman lainnya.

Saat berbuka, Amir menyarankan tidak mengonsumsi gorengan karena tak banyak membantu kekebalan tubuh. Dia menganjurkan sayuran dan buah-buahan sebagai detoksifikasi terhadap tubuh dan mencegah penyakit. Dengan cara ini, puasa makanan akan memberikan efek yang menguntungkan secara keseluruhan sistem imun. Lantas apakah kekebalan ini bisa digunakan untuk mencegah virus corona?

“Ya bisa saja, tapi itu perlu diteliti lebih lanjut. Saat ini, kita harus lebih berpegang pada pencegahan lewat jaga jarak sosial, rajin mencuci tangan, menjaga kebersihan, dan isolasi mandiri,” pungkas Amir.

Spread the love