Digital jadi Peluang Pengusaha Perempuan

Digital jadi Peluang Pengusaha Perempuan

Haidiva.com- Indonesia menjadi negara ekonomi terbesar se-Asia Tenggara dengan populasi sebanyak 260 juta jiwa dan didominasi penduduk usia muda. Ini tentu saja menawarkan jumlah konsumen dan tenaga kerja yang sangat besar sekaligus menikmati pertumbuhan ekonomi yang stabil. Pasar digital besar yang bisa dijadikan peluang usaha perempuan.

Hai Diva, faktor inilah yang membuat Indonesia menjadi negara yang menarik bagi startup dan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) untuk berkembang.

Data International Finance Corporation 2016 menunjukkan  ada 43 persen UMKM formal di Indonesia dimiliki oleh perempuan. Sedangkan di sektor UMKM informal, 60 persen adalah perempuan. Survei Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah tahun 2016 menunjukkan UMKM menyumbangkan 60,34 persen terhadap PDB.

Nah, di era digital seperti sekarang, pengusaha UMKM bisa memanfaatkan teknologi untuk mengembangkan bisnisnya. Banyak banget aplikasi yang bisa digunakan agar usaha kita makin lancar. Ada beberapa hal yang mesti kamu perhatikan saat menggunakan teknologi digital.

Untuk membentuk brand image di media sosial, kamu bisa menggunakan aplikasi visual untuk gambar maupun video. Misalnya untuk gambar promosi, kita bisa menggunakan aplikasi Canva atau Prezi agar tampilan promosi terlihat cantik. Bentuk aplikasi ini bisa juga memperindah presentasi dihadapan calon investor.

Aplikasi seperti magisto dan viva video bisa kita manfaatkan untuk membuat video dengan biaya yang tak mahal.

Survei yang dibuat oleh GO Gulf di tahun 2015 menunjukkan conversion rate antara pelanggan dan penyedia barang jasa lebih tinggi saat menggunakan perangkat mobile dibanding desktop. Jadi, smartphone membantu pertumbuhan transaksi e-commerce.

Diva, kamu juga bisa gunakan Google Analytic dan Google Trends untuk menganalisis keinginan calon pelanggan. Hasilnya bisa digunakan untuk pembuatan strategi bisnis kita, perempuan masa kini. Tunggu apalagi? Yuk, buat usaha sendiri dan manfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan bisnismu. (ndr)

Spread the love

3 thoughts on “Digital jadi Peluang Pengusaha Perempuan

Comments are closed.