081-2173-3281 redaksi@haidiva.com

Detective Conan, Manga yang Paling Ditunggu Tamatnya

Detective Conan, Manga yang Paling Ditunggu Tamatnya

Haidiva.com- Situs Jepang Futabanet meluncurkan survei mengenai serial komik Jepang (manga) yang akhir ceritanya paling dinantikan oleh para pembacanya. Detective Conan menjadi serial manga yang paling ditunggu tamatnya oleh para pembaca.

Futabanet mengajukan pertanyaan kepada 200 responden, yaitu laki-laki dan perempuan yang berusia 30-an dan 40-an. Alasannya karena usia inilah yang diprediksi telah mengikuti komiknya sejak serial ini dimulai. Berikut urutan lima teratas judul manga yang paling ditunggu kisah tamatnya.

Detective Conan / Case Closed (31 persen)

Detective Conan, Manga yang Paling Ditunggu Tamatnya
Detective Conan, Manga yang Paling Ditunggu Tamatnya

Detective Conan atau juga dikenal dengan Case Closed adalah sebuah serial manga shōnen (ditujukan untuk remaja laki-laki) Jepang bertema detektif. Komik ini ditulis dan diilustrasikan oleh Aoyama Gosho. Kisahnya tentang detektif SMA bernama Kudo Shinichi yang diracun oleh organisasi misterius karena dianggap terlalu ikut campur. Bukannya mati, Shinichi malah mengecil dan menyamar menjadi bocah TK bernama Conan Edogawa.

Baca juga: Anime 90-an yang bikin kangen

Detective Conan telah dimuat dalam majalah Weekly Shōnen Sunday terbitan Shogakukan sejak tanggal 19 Januari 1994. Hingga saat ini, telah ada 99 volume tankōbon. Versi tankōbon dari Detective Conan telah terjual sebanyak lebih dari 230 juta kopi di seluruh dunia, menjadikannya sebagai seri manga terlaris keempat sepanjang masa. Angka ini belum termasuk terbitan yang dinikmati secara ilegal alias bajakan.

One Piece (14,5 persen)

Detective Conan, Manga yang Paling Ditunggu Tamatnya

One Piece ditulis dan diilustrasikan oleh Oda Eiichiro. Komik yang juga ditujukan untuk remaja laki-laki ini telah dimuat di majalah Weekly Shōnen Jump Shueisha sejak tanggal 22 Juli 1997. One Pice menerima pujian atas alur cerita, gambar, karakterisasi, dan humornya.

One Piece bercerita tentang petualangan kelompok bajak laut yang mengarungi samudra untuk mencari harta legendaris. Kelompok ini dipimpin oleh Monkey D. Luffy yang merupkan manusia karet dan kepalanya dihargai 1,5 miliar Belly.

Baca juga: Rekomendasi webtoon lokal menarik dibaca

Beberapa tankōbon dari One Peice telah memecahkan rekor penerbitan, termasuk cetakan awal tertinggi dari buku apa pun di Jepang. One Piece juga menjadi manga terlaris selama sepuluh tahun berturut-turut pada tahun 2017. Sudah terbit sejak lama, Oda berniat untuk segera mengakhiri kisah petualangan bajak laut Luffy dan kawan-kawan dalam waktu dekat.

Hunter x Hunter (9 persen)

Detective Conan, Manga yang Paling Ditunggu Tamatnya

Hunter × Hunter ditulis dan diilustrasikan oleh Togashi Yoshihiro, dan telah terbit di Weekly Shonen Jump sejak Maret 1998. Hunter × Hunter sukses meraup untung dan digemari pembaca. Hingga November 2019, Hunter x Hunter terjual lebih dari 78 juta eksemplar di Jepang saja, belum termasuk dari negara lain.

Berkisah tentang bocah laki-laki bernama Gon Freecss yang baru mengetahui kalau ayahnya adalah hunter ternama di dunia, pekerjaan profesional mencari benda-benda sulit seperti harta karun, spesies langka, dan lain sebagainya. Gon bertekad mengikuti jejak sebagai hunter agar bisa bertemu dengan ayahnya yang telah meninggalkannya sejak kecil sekaligus mengejar mimpi menjadi yang terbaik.

Baca juga: Vila Hokage, hotel untuk penggemar Naruto

Glass Mask (5 persen)

Detective Conan, Manga yang Paling Ditunggu Tamatnya

Berbeda dengan Detective Conan dan komik sebelumnya, Glass Mask merupakan manga shōjo alias komik Jepang yang ditujukan untuk remaja perempuan. Glass Mask ditulis dan diilustrasikan oleh Miuchi Suzue dan telah terbit sejak Januari 1976. Komik ini menjadi serial manga shōjo terlaris kedua yang pernah ada.

Berusia lebih dari 40 tahun, bukan berarti Glass Mask rutin terbit. Komik tersebut sempat vakum dan meluncurkan kembali pada Juli 2008. Miuchi telah mengumumkan bahwa dia berniat untuk segera mengakhiri serial ini.

Glass Mask bercerita tentang Kitajima Maya yang berusaha meraih impian sebagai aktris teater ternama. Tentu bukan hal yang mudah karena ia harus bersaing dengan Himekawa Ayumi yang merupakan anak dari aktris terkenal dan sutradara dunia. Komik ini juga dibumbui cinta segitiga di luar persaingan akting. Di Indonesia, Glass Mask diadaptasi menjadi sinetron berjudul ‘Topeng Kaca’.

Baca juga: Kritik kerusakan lingkungan lewat kartun

Golgo 13 (4,5 persen)

Menteri Susi di komik Golgo 13 (tribun)

Golgo 13 ditulis dan diilustrasikan oleh Saito Takao. Komik ini diterbitkan di majalah Big Comic Shogakukan sejak Oktober 1968. Golgo 13 adalah manga tertua yang masih diterbitkan sampai saat ini. Edisi tankōbon-nya memiliki jumlah volume tertinggi ketiga dan terjual higga lebih dari 280 juta eksemplar dalam berbagai format.

Golgo 13 meraih banyak penghargaan. Komik ini sempat menunjukan kekagumannya terhadap mantan Menteri Susi Pudjiastuti lewat gambar yang menceritakan tentang ketegasannya melawan pencurian ikan ilegal. Gambar Susi yang meminum dari cangkir dan memakai topi baret setelah menenggelamkan kapal ada di komik tersebut.

Golgo 13 bercerita tentang pembunuh profesional bernama Duke Togo. Ia menjalankan misi rahasia dan banyak berinteraksi dengan agen intelejen banyak negara seperti CIA, M16, dan lain sebagainya. Karakternya yang misterius dan mempunyai banyak nama samaran, menarik untuk diikuti.

Spread the love